Kartu Kredit

Di zaman modern seperti sekarang ini, kartu kredit semakin marak, bahkan mungkin sebagian besar masyarakat dunia menggunakannya sebagai alat transaksi. Kartu kredit memang punya fungsi sama seperti uang tunai. Tinggal gesek, proses pembayaran selesai.

Tapi pernahkah Anda menyadari, bahwa penggunaan kartu kredit justru lebih boros ketimbang membayar dengan uang tunai? Agar kita tidak boros menggunakan saldo kartu kredit kita, mari kita simak cara pintar menggunakan kartu kredit. Beberapa cara pintar menggunakan kartu kredit agar saldo kita tidak cepat berkurang antara lain:

1. Sebaiknya gunakan kartu kredit dengan bijak. Artinya, bahwa kita sebaiknya menggunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan saja atau bisa disebut hemat. Hindari berbelanja barang yang tidak dibutuhkan. Prioritaskan kebutuhan keluarga dan Anda. Dengan cara demikian, tagihan kartu kredit tidak akan membengkak dan tidak akan mengganggu pengeluaran.

2. Jika ingin membeli barang yang dibutuhkan, sebaiknya sesuaikan antara harga barang dengan kemampuan finansial kita. Hal yang harus diingat adalah, kartu kredit hanya alat pembayaran sementara. Alat pembayaran yang sesungguhnya adalah uang tunai. Jadi ketika akan membeli barang, sesuaikan harga barang yang akan dibeli dengan jumlah saldo atau uang yang harus dibayarkan pada akhir tagihan kartu kredit.

3. Solusi lain, memanfaatkan promosi kartu kredit yang ditawarkan oleh pihak pembuat kartu kredit dan kesempatan untuk memanfaatkan pelayanan yang diberikan oleh promotor. Tidak ada salahnya memanfaatkan promosi kartu kredit, apalagi dengan bunga cicilan 0 persen dan selama Anda memerlukan barang yang ditawarkan oleh pihak promotor.

4. Cara pintar menggunakan kartu kredit adalah dengan memilih kartu kredit yang yang menyediakan berbagai macam kemudahan. Dan sebaiknya pilih kartu kredit yang sesuai dengan gaya hidup dan hobi kita.

5. Bijak dalam mengelola pembayaran. Terkadang kita mengalami situasi dimana kebutuhan kita sangat banyak sedangkan tagihan pembayaran kartu kredit terlalu membengkak sehingga uang kita tidak cukup untuk membayar tagihan kartu kredit tersebut. Anda bisa mensiasatinya dengan membayar tagihan kartu kredit sebagian terlebih dahulu atau melakukan penundaan pembayaran tagihan kartu kredit. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya pilihlah bank yang menyediakan kartu kredit dengan bunga rendah agar Anda tidak keberatan dalam membayar tagihan kartu kredit dengan bunga yang tinggi. (1001)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?58410

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :

Asuransi Mobil