Pernah mendengar kata Organic Fashion atau Eco Fashion? Sepertinya yang sering kita dengar adalah sayur atau buah organik. Rupanya untuk busana pun kini sudah ada yang organik atau busana ramah lingkungan.

Di Indonesia, memang busana tersebut belum popular. Namun tidak demikian halnya di beberapa negara maju seperti Amerika, Jepang dan di negara-negara Eropa. Busana organik atau eko busana sudah diakui bahkan diminati oleh para produsen besar dunia seperti misalnya Levi Strauss, Victoria’s Secret, Esprit dan lain-lain.

Busana organik berbeda dengan busana pada umumnya. Mulai dari pemilihan bahan, proses pengerjaan, hingga proses akhir semua mengutamakan tanggung jawab dan berpegang pada keseimbangan alam. Bahan-bahan yang digunakan adalah bahan daur ulang dan ramah lingkungan. Pada proses pengerjaannya tidak melibatkan bahan-bahan kimia berbahaya seperti pestisida, kalaupun digunakan minim sekali. Bahkan bisa dikatakan tanpa menggunakan bahan kimia sebagai pemutih, pewarna dan bahan lain seperti layaknya busana yang biasa. Jadi jelas, bahwa eko busana menjadi busana yang juga ramah konsumen atau aman digunakan.

Yang juga tak kalah pentingnya adalah adanya perhatian khusus untuk para pekerja yang terlibat di eko busana ini. Satu unsur yang sangat berbeda adalah para pekerja di eko busana ini sangat diperhatikan kesejahteraanya. Mereka diberikan penghargaan dengan upah yang lebih adil, layak dan lebih terjamin kesehatannya. Memang dengan berbagai unsur di atas, busana organik atau eko busana menjadi lebih mahal dibandingkan dengan busana biasa.

Busana organik pertama kali diperkenalkan pada New York Fashion Week Februari 2005. Para desainer yang sebelumnya telah mencoba berbagai serat organik dan alami memamerkan hasil karyanya. Para desainer memamerkan pakaian yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Setelah itu busana organik mulai dilirik oleh para selebritas dunia dan menjadi alternatif gaya yang terbaik. Memakai busana dengan harga yang lebih mahal namun aman dan adil bagi pekerja layaknya menjadi kebanggaan tersendiri.

Melihat kecenderungan dunia yang kembali pada alam dan menghormati lingkungan hidup,  memberikan pengaruh yang positif untuk kehidupan kita.  Sebuah upaya yang memberikan kita ruang-ruang harapan untuk kehidupan yang lebih sehat, aman dan nyaman.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?53967

Untuk melihat artikel Mode & Gaya lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :