Di Indonesia, kemangi biasanya dikenal sebagai sayur lalapan yang enak jika dicocol sambal. Ada juga yang menggunakan daun kemangi sebagai bumbu pelengkap pepes atau campuran untuk masakan lain. Aromanya yang khas dan rasanya yang enak membuat kemanggi punya banyak penggemar, terutama mereka yang suka lalapan.

Tak hanya bisa dimakan, ternyata daun kemangi juga ampuh digunakan untuk merawat kecantikan. Bukan cuma mengurangi, daun kemanggi dipercaya bisa menyembuhkan jerawat. Kandungan nutrisi dalam daun kemanggi membantu menghilangkan jerawat dan mengurangi kadar minyak di wajah. Di dalam kemangi terkandung banyak vitamin, antara lain, vitamin A, vitamin C, vitamin B dan memiliki kandungan antiseptic yang dipercaya dapat menyembuhkan jerawat secara cepat. Antiseptic di dalamnya mampu membunuh bakteri, serta memperlancar peredaran darah di kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah, pertama buat kemangi menjadi toner. Untuk membuatnya siapkan bahan seperti 100 gram daun kemangi dan 100 ml air panas. Cara membuatnya, hancurkan daun kemangi, kemudian campur dengan air panas. Di dalam air panas, aduk-aduk kemangi sehingga sarinya keluar. Dinginkan. Setelah dingin, kembali remas-remas daun kemangi. Saring dan siram air sari kemangi di dalam botol. Agar lebih awet simpan dalam lemari es. Setelah menjadi toner, gunakan dengan bantuan kapas dan olesekan ke seluruh wajah sebelum tidur. Biarkan hingga keesokan harinya.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?52812

Untuk melihat artikel Mode & Gaya lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :