KabariNews – Di saat Amerika sibuk menyambut Presiden barunya Januari kemarin, hal tak kalah menarik terjadi di Indonesia. Kehebohan ini berpangkal dari kemunculan “Obama” di Indonesia. Bahkan selama ini dia wara-wiri naik motor keliling Jakarta. “Mr President Obama” ini juga lebih sering memakai celana jeans dan kaus oblong ketimbang jas atau tuxedo.

Masyarakat juga bisa menyapa dan bersalaman dengannya tanpa kuatir dipelototin agen Secret Service. “Obama” yang satu ini memang santai dan bersahaja, kemana-mana sepasang sepatu kets dan ransel belel menemaninya. Betul, “Obama” yang satu ini bukan Barack Obama beneran, tapi Ilham Anas, fotografer Majalah Remaja Hai yang wajahnya mirip Presiden Barack Obama.

Ketika Kabari bertemu dan ngobrol dengannya, tak dipungkiri, Ilham Anas memang mirip sekali dengan Obama, terutama bentuk wajahnya yang oval panjang, potongan rambutnya, serta ketika dia sedang tersenyum. Beberapa kali bahkan kami harus meyakinkan diri bahwa yang ada dihadapan kami bukan Obama beneran, tapi “Obama-Obama’an” yang hangat, sederhana dan sangat welcome.

Ide gila teman-teman

Ilham Anas justru mengaku dirinya tak mirip Obama. Kakaknya dan teman-teman di redaksi Hai yang pertama kali bilang dirinya mirip Obama. “Waktu itu saya enggak gubris, mirip dari mana coba? Apalagi saya tahu sendiri anak-anak redaksi pada suka becanda.” katanya. Yang Anas ingat, saat Obama ikut konvensi Partai Demokrat melawan Hilary Clinton, media di Indonesia mulai sering menurunkan berita tentang Obama, termasuk memuat foto-fotonya.

“Suatu kali sehabis liputan saya dipanggil balik ke kantor. Rupanya di kantor anak-anak sudah menyiapkan jas lengkap dengan dasi, saya disuruh pakai jas itu, awalnya saya enggak mau, tapi karena enggak enak sudah disiapin, saya nurut. Saya dipakaikan jas, terus teman-temen pada foto bareng saya, mereka memakai baju daerah, seperti Bali dan sebagainya.” tutur Anas. Foto-foto ‘Obama’ bareng redaksi Hai itu kemudian disebarkan lewat milis lengkap dengan tags seperti Obama in Indonesia, Obama In hai, dan sebagainya. Dalam sekejap foto itu beredar luas. Kabarnya dalam tempo tiga hari saja, sudah diklik orang dari Australia, Hongkong, Amerika, Jepang dan Philiphina.

“Gilanya ada orang yang sampai nelpon ke Hai, nanya begini, emang bener Obama pernah ke situ ya? atau nanya ke redaksi, waktu Obama ke Indonesia mampir kemana aja? Saya ngakak aja!” katanya sembari tertawa. Rupanya foto itu ‘berhasil’ mengelabui beberapa orang. Tapi memang kalau Ilham Anas pakai jas dan dasi mirip banget Obama!

Jadi Bintang Iklan

Foto yang beredar dari milis ke milis itu kemudian sampai ke salah satu produsen obat pencahar perut di Philipina. Rupanya mereka tertarik dan mengontak Ilham Anas. Dari perbincangan itu sepakatlah mereka bahwa akan mengontrak Ilham sebagai bintang iklan produk mereka. Tanpa menyebut nominal kontrak yang diterima, Ilham mengatakan proses syuting memakan waktu 20 jam. Ia sendiri berada di Philipina selama empat hari. “Seru juga, gara-gara mirip Obama jadi bisa jalan-jalan ke luar negeri.” kata Ilham polos. Selain sebagai anugrah, kemiripiannnya dengan Obama dianggap Ilham sekedar having fun saja. “Saya enggak bermaksud serius cari duit dari kemiripan ini, buat seru-seruan aja.” ujar fotografer yang kata teman-temannya di redaksi Hai, tergolong handal ini.

Dalam iklan tersebut Ilham berperan sebagai Obama yang sedang dijamu oleh ‘Presiden’ Philipina Gloria Macapagal Arroyo. Dalam satu adegan terlihat Obama memegang perutnya yang kesakitan. Lalu Presiden Arroyo memberikan obat pencahar perut. Kabarnya iklan ini disukai masyarakat Philipina dan penjualan produknya meningkat. “Saya enggak tahu, yang saya tahu, iklan itu kreatif, lumayan menghibur dan disukai di Philipina.” kata Ilham.

Ilham yang sedang menunggu kelahiran anak keduanya ini, setelah tampil di iklan itu, mulai mendapat berbagai tawaran tampil di televisi. termasuk mejeng di acara Bukan Empat Mata-nya Tukul, “Saya awalnya enggak mau, takut diledekin habis-habisan sama Mas Tukul, tapi berhubung didukung teman-teman, akhirnya saya berangkat juga.” paparnya. Wah kenceng dong duitnya, dia tersenyum, “Alhamdulilah, tapi saya enggak terlalu mengharapkan, duitnya buat traktir teman-teman juga kok.” kilahnya sembari mengaku tidak mau berlebihan dalam mensyukuri anugrah ini.

Ketika ditanya apa enaknya mirip Obama, Ilham mengatakan ia jadi banyak berkenalan dengan orang-orang, “Bayangin, orang yang enggak kenal saya, mau repot-repot negur atau menyalaminya saya, mereka dengan akrabnya memanggil ‘halo Obama’, saya senang bisa akrab dengan orang-orang.” ujarnya.

Saat ini Ilham kerap menerima telpon atau wawancara dari media asing yang ingin mengulas tentang dirinya. Ilham menyebut beberapa media seperti CNN, AFP, AP, TV dari Spanyol, Belanda, dan masih banyak lagi. “Sebagai pewarta foto, tentu saya senang bisa berkenalan dengan sesama jurnalis, itu saja.” katanya merendah. Sip deh!