Sebuah bencana yang cukup mengejutkan terjadi di Kalimantan Timur. Tepatnya di kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Bencana itu adalah runtuhnya jembatan Mahakam II. Jembatan yang dibangun di atas sungai Mahakam dan menghubungkan Kecamatan Tenggarong Seberang dan Tenggarong Kota di Kalimantan Timur ini runtuh sekitar pukul 16.30 WITA. Sampai Senin pagi, korban tewas berjumlah 10 orang dan 33 orang dinyatakan hilang.

Jembatan ini masih berumur 10 tahun dengan panjang sekitar 710 meter. Jembatan megah ini dibangun saat bupati Kutai Kartanegara, Syaukani Rais yang merupakan ayah dari bupati Kutai sekarang, Rita Widyasari. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada 2001 dengan kontraktor PT Hutama Karya yang menangani proyek pembangunan jembatan tersebut. Namun pemeliharaannya dibawah kewenangan Kementrian Pekerjaan Umum yang berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah.

Berikut kronologinya :

1. Ditengarai ada pergeseran badan jalan di jembatan Mahakam II Kutai Kartanegara (Kukar). Jembatan Mahakam II merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Bentang bebasnya, atau area yang tergantung tanpa penyangga, mencapai 270 meter dari total panjang jembatan yang mencapai 710 meter.

2. Sabtu 26 November jembatan Mahakam II diperbaiki. Perbaikan tersebut merupakan kegiatan pemeliharaan yang dianggarkan dengan dana hingga Rp 2 miliar dan disetujui oleh Bupati Kukar, Rita Widyasari.

3. Pada hari pertama pemeliharaan itu petugas mulai melakukan penyetingan terhadap tali penahan jembatan.

4. Saat proses dilakukan petugas tak menghentikan arus lalu lintas yang memasuki jam-jam sibuk. Petugas hanya menutup sebagian badan jalan dan menjadikan jalur dua arah itu menjadi satu arah dengan sistem buka tutup.

5. Badan jalan alami penurunan dan tiang penyangga kendor sehingga mengurangi kekuatan jembatan. Tali putus kemudian secara berantai tali lain juga putus.

6. Jembatan runtuh sekitar pukul 16.30 hanya dalam 30 detik. Suara runtuhnya terdengar sampai radius 1 kilometer.

7. Runtuhnya jembatan menyisakan dua pilar penyangganya.

8. Beberapa kendaraan roda dua dan lebih menjadi korban dari runtuhnya jembatan itu. Sebagian tercebur, sebagian lagi terhimpit di balik runtuhnya jembatan. Beberapa petugas yang memperbaiki juga menjadi korban tewas dari robohnya jembatan ini.

Bupati Kukar, Rita Widyasari, menyatakan pihaknya akan terus melakukan penyelidikan mengenai bencana runtuhnya jembatan kebanggaan warga Kutai tersebut. Penyelidikan tersebut akan dibantu oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan beberapa pihak terkait termasuk Kepolisian.

Jembatan Kartanegara merupakan jembatan kedua yang dibangun melintasi Sungai Mahakam setelah Jembatan Mahakam di Samarinda dan dikenal sebagai Golden Gate-nya Kalimantan karena menyerupai jembatan di San Fransisco, Amerika Serikat.

Jembatan ini juga merupakan akses menuju Samarinda ataupun sebaliknya yang dapat ditempuh hanya sekitar 30 menit. Melewati Jembatan Kutai Kartanegara ada pemandangan menarik yang dapat disaksikan, yaitu hamparan sebuah pulau kecil yaitu Pulau Kumala, sebuah pulau yang telah disulap menjadi Kawasan Wisata Rekreasi yang banyak diminati oleh wisatawan Nusantara karena merupakan kawasan rekreasi keluarga yang hampir mirip dengan Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?37587

Untuk melihat artikel Utama lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_______________________________________________________________

Supported by :