Tanggal 17 Mei ini merupakan peringatan Armed Forces Day di Amerika. Seperti setiap tahunnya,digelarlah air show di lapangan terbang Andrews AFB (Air Force Base), Maryland. Tahun ini, saya beruntung bisa menyaksikan secara langsung kehebatan para pilot Blue Angels beratraksi di udara.Meski mengantri panjang, melewati pemeriksaan yang cukup ketat, dan berpanas-panas di lapangan udara, tapi saya puas. Satu lagi, meski pun nyaris membuat saya pingsan, tapi tidak bikin kapok untuk nonton lagi tahun depan!

Photobucket

Penghargaan Dari dan Untuk Para Militer

Sejak 31 Agustus 1949, peringatan hari militer di Amerika tak lagi terpisah-pisah tapi semua digabung menjadi satu—Army, Navy dan Air Force—maka disebut Armed Forces Day yang dirayakan di bulan Mei. Dihari itu penduduk Amerika menyatakan rasa terimakasih bagi para militer baik darat, laut dan udara yang telah menjaga negara ini. Begitu pula sebaliknya para militer berterimakasih atas dukungan, dan merayakan bersama dengan mempergelarkan beberapa atraksi seperti airshow ini.

Photobucket

Karena airshow digelar di Andrews AFB,‘garasinya’ pesawat Air Force I milik Presiden Amerika, maka niat saya bukan hanya menyaksikan kehebatan Blue Angels tapi juga ingin melihat langsung garasi itu. Penasaran. Kapan lagi kita diberi kesempatan bisa masuk, bisa melihat pameran para pesawat yang ada di situ, serta bisa santai merayakan bersama para pilotnya, selain pada hari Armed Force sini.

Acara yang dinamakan the Joint Service Open House 2008 tahun ini diadakan tanggal 16-18 Mei. Khusus tanggal 16 Mei adalah untuk para pejabat militer dan anak-anak sekolah, sedangkan tanggal 17 dan 18 Mei adalah untuk umum. Free tiket dan free shuttle bus. Setahun sekali Andrews AFB memang dibuka untuk umum,mereka memperlihatkan jenis-jenis pesawat terbang yang ada. Acara ini atas hasil kerjasama angkatan darat dan angkatan laut.

Photobucket

Dari Memphis Belle Sampai Blue Angels

Menurut situs program airshow, acara akan dimulai sejak pukul 8 pagi sampai 5 sore. Tapi saya mulai antri naik shuttle bus di FeDex Field, tempat semua mobil yang akan menonton airshow di parkir, sekitar pukul 10 pagi. Karena saya lebih penasaran dengan atraksi Blue Angels daripada acara seremoni pembukaan di pagi hari. Hari itu cuaca cerah sekali,bahkan bisa dikatakan sangat panas, andai saja saya mula antri sejak pagi, barangkali sudah pingsan beneran. Berhubung memasuki area yang sangat privat bagi angkatan udara Amerika, sekaligus untuk pesawat kepresidenan, maka pemeriksaan berlangsung ketat. Itulah mengapa antrian tidak hanya panjang untuk shuttle bus, tapi juga untuk pemeriksaan.

Sebelum Blue Angels beraksi, saya masih punya waktu berkeliling melihat pameran pesawat-pesawat udara berbagai jenis, dari helikopter sampai Air Force yang sungguh raksasa. Salah satu yang menarik perhatian saya, ada sebuah pesawat yang tampak kuno dengan gambar cewek seksi di dekat moncong pesawat. Ternyata itu adalah pesawat Memphis Belle yang berjasa di Perang Dunia II.

Photobucket

Di tahun 1943, Memphis Belle menjadi pesawat pengebom pertama U.S. Army Air Forces yang menuntaskan 25 misi di daratan Eropa dan kembali selamat ke Amerika. Cukup unik, karena gambar cewek seksi dan deretan Swastika di badan pesawat. Konon deretan Swastika itu melambangkan jumlah pesawat udara Jerman yang hancur ditembak Memphis Belle. Saking uniknya, Memphis Belle pun diangkat kelayar lebar oleh sutradara Michael Caton-Jones di tahun 1990.

Diudara, beberapa pesawat berukuran sedang, berwarna menyala seperti C-17Demo (Air Force), P-51 Demo memperlihatkan atraksi manuvernya secara bergantian. Setelah itu, beberapa pesawat besar berjenis Air Force Jet,F-15 Strike Eagle, F-22 Raptor menyusul ‘menari-nari’, tak hanya manuver, tapi juga terbang landas secara vertikal. Tiba-tiba mereka melontarkan sesuatu, ternyata tim Golden Knights Parachute dari kesatuan angkatan darat. Mereka berempat tepat mendarat di tengah lapangan.

Photobucket

Akhirnya saatnya puncak acara, pergelaran udara dari tim Blue Angels! Enam pilot pilihan yang dilatih berbulan-bulan dimarkas besar Blue Angels di Forrest Sherman Field, Naval Air Station Pensacola, Florida, melakukan beragam aktrasi mencengangkan. Mereka memiliki gerakan yang khas, yaitu melakukan terbang Diamond (empat pesawat membentuk bentuk berlian), gerakan terbang saling melintas berhadapan, terbang vertikal kemudian memecah-belah dan turun secara cepat, terbang satu garis, dan beberapa atraksi solo seperti flip-over!

Photobucket

Blue Angels telah terbentuk sejak tahun 1946. Mereka dibentuk khusus untuk demonstrasi dengan tujuan menarik perhatian para publik terhadap pangkatan udara dan keahlian menerbangkan pesawat. Dengan kata lain,Blue Angels menjadi role—models dan duta untuk U.S. Navy dan Marine Corps.

Pesawat udara di tangan para pilot Blue Angels bagaikan mainan remote-control, dengan kecepatan tinggi, ribuan mil perjam, mereka seperti seperti bercanda di udara. Saling terbang menyilang, berhadapan, beriringan, menukik tajam, melambung cepat, para pilot itu seperti punya nyawa sembilan! Penonton tidak hanya berdecak kagum, tapi juga ikut ngeri saat dua pesawat terbang cepat berhadapan seakan mau menabrakkan diri. Sungguh dahsyat! Tidak heran bukan hanya penduduk Maryland, Virginia, dan Washington D.C. saja yang rela mengantri di tengah panasnya matahari, tapi juga penduduk New Jersey dan New York! (Riana )

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?31341

Mohon Beri Nilai dan Komentar dibawah Artikel ini

Supported by :

April_Insurance

Lebih dari 100 Perusahaan Asuransi di California

Klik www.ThinkApril.com atau Email  Info@thinkapril.com atau Telp. 1-800 281 6175