Tidak dimungkiri televisi menjadi media informasi yang paling mudah digunakan dan menjadi global network dari berbagai kebutuhan informasi. Mulai dari hardnews hingga informasi hiburan.

Lalu munculah beragam kekuatiran akan derasnya informasi dari televisi yang memang kadang tak tersaring lagi. Akhirnya, sajian acara televisi pun dipilah sesuai segmen usia. Jadwal penayangannya pun sudah mulai diatur. Tujuannya, meminimalisir dampak negatif terhadap anak-anak akan informasi yang tak sesuai dengan segmen umur mereka.
Meski begitu,masih ada saja acara-acara di televisi yang kurang memahami kebutuhan penontonnya khususnya penonton anak-anak dan remaja. umpamanya tayangan yang mempertontonkan kekerasan dan menjual air mata.
Bahkan tak sedikit anak-anak di dunia menjadi ‘penghamba’ televisi. Mungkin itu terlalu ekstrim, tapi itu adalah kenyataan dilapangan. Anak-anak sekarang lebih memilih menonton televisi dibanding mengerjakan PR.
Televisi seolah menjadi guru yang kedatangannya ditunggu-tunggu sang murid,yaitu anak-anak kita sendiri. Dan sudah menjadi kewajiban orang tua untuk selalu mengawasi dan memberikan arahan sesuai dengan kebutuhan anak.
lalu bagaimana caranya kita mengurangi pengaruh buruk televisi terhadap anak?

Photobucket

1.Batasi ruang gerak anak dalam menghidupkan televisi dengan cara memilih acara yang akan ditonton oleh si anak.

2.Sedapat mungkin sisihkan waktu menemani anak menonton televisi. Tujuannya, agar kita dapat memberikan pemahaman akan apa yang ditontonnya.

3.Beri pengertian pada anak tentang hal yang nyata dan tidak nyata (khayalan),ini sangat penting karena banyak anak sekarang ini meniru-niru apa yangditontonnya.

4.Anak diperbanyak menonton tayangan yang bersifat religi, agar kebutuhan pendidikan menjadi berimbang.

5.Selalu bersikap terbuka dan sabar kepada anak, karena sudah menjadi sifat dasar seorang anak bersikap tidak sabar dan ingin tahu.(arip)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?31336

Mohon Beri Nilai dan Komentar dibawah Artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

April Insurance

Lebih dari 100 Perusahaan Asuransi di California

Klik www.ThinkApril.com       Email : info@thinkapril.com

Telpon 1-800 281 6175