I remember my mother’s prayers and they have always followed me. They have clung to me all my life.
—Abraham Lincoln

Di seluruh dunia sejak dulu hingga kini, setiap orang dari berbagai bangsa dan budaya merayakan dan memperingati Hari Ibu. Bagaimana awal mula peringatan Hari Ibu ini?
Peringatan hari Ibu dimulai di Amerika Serikat pada tahun 1900-an yang diprakarsai oleh Julie Ward Howe dan Anna Marie Jarvis. Dua wanita ini dengan gigihnya memperjuangkan sebuah hari penghormatan terhadap para Ibu. Ann Maria Reeves Jarvis, Ibunda dari Anna Marie, adalah seorang aktivis sosial dimasa Perang Saudara Amerika (American Civil War). Ann Maria mengepalai sebuah tim medis wanita yang menolong dan mengurusi keperluan kesehatan para tentara dari kedua belah pihak. Beliau juga mengorganisasi pertemuan-pertemuan sosial bagi para Ibunda tentara-tentara dari pihakUtara maupun Selatan. Setelah itu, Anna Marie aktif mempromosikan “Hari Ibu” terutama mengenai isu pentingnya peran seorang Ibu bagi para tentara. Anna Marie akhirnya meninggal dunia pada tahun 1905. Sang putri, Anna Marie, mengadakan sebuah upacara peringatan terhadap sang Ibunda di kota Grafton, West Virgina pada tanggal 12 Mei 1907. Tidak lama kemudian, Anna Marie dan Julia Ward Howe bekerja sama dan berjuang untuk mengkampanyekan “Hari Ibu” sebagai hari libur nasional. Anna Maria lahir di Webster, Kawasan Taylor County di bagian West Virginia pada tanggal 1 Mei 1864. Beliau lahir dari pasangan Anne Marie dan anak kelima dari sebelas anak. Sejak kecil ia benar-benar terinspirasi untuk“melahirkan” Hari Ibu. Suatu ketika di dalam kelas saat sang ibunda Mrs. Anne Marie sedang mengadakan pelajaran “Mothers of the Bible” dan mengumandangkan sebuah doa, “I hope that someone, sometime will found a memorial mothers day commemorating her for the matchless she renders to humanity in every field of life. She is entitled to it.” 

Julie Ward HoweJulie Ward Howie

Anna Marie JarvisAnna Marie Jarvis

Anne Maria tidak pernah bisa melupakan doa tersebut. Ketika ibundanya wafat tahun 1905, ia mengumandangkan doa Hari Ibu ciptaan sang ibunda dan menambahkan sebuah perjanjian dengan berkata, “..by the grace of God,you shall have that Mother’s Day.” Setelah itu tekad sang putri Anna Marie untuk mencetuskan Hari Ibu semakin bulat dan serius. Apalagi ia juga melihat perilaku anak-anak remaja dan dewasa terhadap orangtua di Amerika Serikat sangat lalai. Tahun 1907, Anna Maria memulai kampanye agresif dalam pencetusan ide Hari Ibu. Bekerja sama dengan para pendukungnya, Anna Maria menulis ratusan surat berisikan tentang pentingnya memperingati Hari Ibu sebagai hari raya Nasional, terhadap pejabat-pejabat tinggi pemerintah dan pengusaha kaya, termasuk filantropis Philadelphia bernama John Wanamaker. Anna Maria yang pintar berpidato, menggunakan segala cara demi mempromosikan tujuannya. Dua tahun peringatan meninggalnya sang Ibunda Anne Marie, sang putri Anna Maria mengadakan sebuah penghormatan terhadap ibunya di Andrews Methodist Church. Setahun kemudian, peringatan Hari Ibu dirayakan dikota Philadelphia, dimana Anne Marie tinggal. Dan pada tahun 1909,sebanyak 45 negara bagian di Amerika Serikat termasuk Puerto Rico,Hawaii, Canada, dan Mexico memperingati Hari Ibu sebagai hari raya nasional. Sebagai tradisi yang dicetus oleh Anne Marie, pada Hari Ibu banyak orang yang memakai bunga anyelir berwarna merah yang merupakan bunga favorit sang ibunda Anne Marie. Bunga Anyelir berwarna putih kemudian dimaknai sebagai penghormatan terhadap para ibu yang sudah meninggal. Pada tahun 1911, Hari Ibu dirayakan dan diperingati dihampir seluruh Negara bagian Amerika Serikat. Dan pada tahun 1914,Presiden Woodrow Wilson mengesahkan undang-undang tentang hari ibu. UU itu menetapkan Hari Ibu jatuh pada hari Minggu kedua bulan Mei dan menjadi hari libur nasional.
Negara bagian West Virginia, tepatnya di kota Webster di kawasan Taylor County terdapat sebuah museum Anna Maria Jarvis, dimana tempat ia lahir, yang anda bisa kunjungi. Untuk lebih lengkapnya, lihat situs www.annjarvishouse.com

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?31266

Klik Disini untuk Baca Artikel ini di Majalah Kabari Mei 2008 ( E-Magazine )

Mohon Beri Nilai dan Komentar dibawah Artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Hosana1/2halaman

Your Dream Home

Klik www.go2hosana.com     Telp. 714.865.1688

Email : hosana@go2hosana.com