Sistem penanggalan sudah dipakai oleh umat manusia sejak ribuan tahun lalu. Penanggalan yang umum dipakai di dunia ada tiga buah. Penanggalan Masehi, penanggalan Hijriah (Islam) dan penanggalan China.

Tapi diantara yang tiga tersebut yang paling umum dan banyak digunakan di seluruh dunia adalah penanggalan Masehi.

Penanggalan Romawi

Pada abad ke-VII, penanggalan Romawi mulai diperkenalkan. Penanggalan itu mempunyai 10 bulan dengan 304 dalam satu tahun. Bulan MAret sebagai bulan awal. Sementara Januari dan Februari ditambahkan pada waktu berikutnya. Namun pada zaman itu, sistem penenggalan dapat diubah seenaknya oleh para Kaisar Romawi untuk berbagai tujuan, misalnya untuk memperpanjang masa pemerintahan dan sebagainya.

Penanggalan Julian 

Kemudian Kaisar Romawi yang terkenal  Julius Caesar memperbaiki sistem penangalan tersebut dengan berdasar rotasi bumi terhadap Matahari, yakni sebanyak 365 hari dan 1/4 hari.  Dari ΒΌ hari yang terkumpul setiap tahunnya kemudian ditambahkan setiap empat tahun sekali ke dalam perhitungan tahun yang ke empat tersebut, yang dikenal dengan nama tahun Kabisat. Penanggalan ini dinamakan penanggalan Julian dan menjadi dasar kalender Masehi sekarang.

Penanggalan Gregorian

Setelah cukup lama digunakan, ternyata penanggalan Julian 11 menit dan 14 detik lebih panjang dibanding dengan  tahun matahari. Perbedaan ini terus tyerkumpul hingga tahun 1582 saat titik equinox terjadi (dimana siang malam sama lama-red.). Hal ini mengakibatkan perhitungan hari sebenarnya kurang 10 hari. Kemudian Paus Gregorius XIII mengeluarkan maklumat pada Konsili Nicea I, bahwa gereja menambahkan 10 hari dari penanggalan Julian. Ia juga  menetapkan bahwa tahun-tahun dalam setiap abad yang dapat dibagi dengan 400 adalah tahun kabisat. Mengacu kepada pembuatnya penanggalan ini disebut Penanggalan Gregorian. 

Penanggalan ini mernggunakan patokan tahun pertama kelahiran Yesus sebagai tahun 1 Masehi. Sehingga tahun-tahun sesudahnya disebut Anno Domini atau AD, sedangkan tahun sebelum kelahiran Yesus disebut Before Christ atau BC. (yayat)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?2388

Mohon Beri Rating dan Komentar dibawah untuk Artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

April Insurance

Lebih dari 100 Perusahaan Asuransi di California

Klik www.ThinkApril.com atau telpon sekarang 1-800 281 6175