KabariNews –  Sebanyak 10 orang penari dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta di bawah arahan koreografer Dr. Bambang Pudjasworo membawakan 4 tarian klasik Jawa  pada pargelaran kesenian Cup of Java  di Aratani Theatre, Los Angeles, Sabtu, 29 November 2014.

Tarian diawali dengan tari topeng Panji Semirang; tari Lawung Jajar yang telah berusia lebih dari 250 tahun; tari Beksan Menak Rengganis-Widaninggar, sebuah karya dari Sultan Hamengkubuwono IX; dan puncaknya Karna’s Choice, salah satu episode penting dalam epik Mahabharata.



Penampilan apik dari para penari tersebut diiringi alunan gamelan Jawa yang dibawakan oleh 25 orang dari California Institute of the Arts (CalArts) di bawah music director Djoko Waluyo, salah seorang maestro Gamelan Jawa yang kini mengajar di CalArts. Selain mengiringi para penari, mereka juga menampilkan beberapa karya seni klasik, yaitu Ladrang Lung Gadhung Laras Pelog Pathet Nem dan Gotong Royong.

Cup of Java sendiri merupakan acara pembuka dari Aratani World Series yang menampilkan delapan kesenian dari berbagai pelosok dunia. Aratani World Series sendiri merupakan proyek kerja sama antara Japanese American Cultural & Community Center (JACCC) dan World Festival of Sacred Music.



Terpilihnya kesenian tradisional klasik Jawa sebagai pagelaran pembuka merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Hal ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dan pengakuan terhadap kesenian Jawa, khususnya Jawa klasik, yang di Indonesia sendiri juga memiliki dampak besar terhadap kebudayaan nasional.

Di Los Angeles dan sekitarnya, kebudayaan tradisional Jawa dan Bali memang sudah cukup dikenal oleh masyarakat lokal. Banyak di antara mereka yang sudah memahami dan mempelajarinya secara mendalam. Bahkan, tari dan gamelan Jawa sudah menjadi salah satu program di dua universitas ternama di Los Angeles, yaitu University of California, Los Angeles (UCLA) dan CalArts.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?73196

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

intero