KabariNews – Satu lagi portal news online meramaikan jagat berita online di Indonesia. Adalah  Indonesian Times, atau yang biasa dikenal dengan Idntimes.com. Portal news online ini merupakan besutan kakak beradik, William Putra Utomo dan Winston Putra Utomo. Keduanya masih terbilang muda dan lulusan sebuah universitas di Amerika Serikat. Winston yang tamatan studi S2 di Columbia University , sedangkan adiknya William adalah  lulusan S1 University of Southern California tahun 2014.

Hadir memeriahkan jagad berita nasional, namun Idntimes.com menawarkan sesuatu yang unik dan berbeda, yaitu jumlah kata dalam berita atau kontennya kurang lebih 100 kata saja. William kepada kabarinews.com, Senin, (3/11), mengatakan penggunaan kata yang tidak terlalu banyak didasarkan dari pengalaman kakaknya yang kala itu bersekolah  di AS. “Idenya dimulai dari kakak saya, waktu di New York dia selalu naik train dan sambil mengisi waktu dia dengan membaca news portal.” kata William.



Nah, disana kakaknya berpikir untuk mengetahui atau membaca satu berita diperlukan waktu sekitar 5-7 menit. Dan berhubung Winston ini hobi menulis, dia lalu mencoba membuat konsep Idntimes.com dengan jumlah kata dalam berita berkisar antara 95-105 kata. “ Jadi berita diambil esensinya saja seperti konsep 5W+ 1 H dan dia mulai ngepos-pos tulisannya.” tutur William.

Lambat laun, William berkata  banyak juga yang tertarik untuk membaca berita di Idntimes.com dan dengan mengajak adiknya, William, bersama mereka memulai sesuatu yang baru yang mereka rasa dapat membantu masyarakat Indonesia menjadi lebih cerdas dan ‘melek mata’ tentang apa yang terjadi di Indonesia. Idntimes.com pun mulai merekrut wartawan dan penulis. “Sekarang pekerja kami sudah ada 11 orang” tambah William.



William mengatakan, disaat menjamurnya website news seperti sekarang ini, Idntimes.com tidak langsung face to face dengan website news besar lain yang menyediakan konten yang lengkap dan detail. Sebab, Idntimes.com bagi William didirikan salah satunya  supaya orang bisa membaca berita cukup kurang lebih lima menit setiap harinya. “Jadi kita sediakan produk berita yang singkat, ultimate goal-nya kita  menjadi rujukan pertama, misalnya  pagi-pagi sebelum berangkat kerja membaca Idntimes.com selama lima menit. Jika mereka ingin mengetahui berita lengkapnya, mereka bisa membaca di situs berita lain untuk mengetahui lebih detail beritanya.” tutur William.

Idntimes.com sendiri rencananya beberapa minggu lagi akan mengadakan soft-launching produk dan website dengan desain yang baru, berikut mobile application untuk android. Karena seperti diketahui di Indonesia, menurut William banyak pembaca  yang memanfaatkan operation dari android, jadi alih-alih ingin memanjakan sekaligus memudahkan para pembacanya,  Idntimes.com akan tersedia dalam mobile application. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?72299

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

lincoln