Sebelum hari batik dicanangkan secara resmi oleh pemerintah republik Indonesia, batik memang sudah menjadi pilihan dalam berbusana formal. Setelah diresmikannya hari batik nasional yaitu tanggal 2 Oktober ditiap tahunnya, batik semakin menjadi primadona. Kini batik tidak hanya dipakai untuk acara-acara resmi saja, tetapi batik juga sudah bertransformasi menjadi outfit yang cocok untuk dikenakan saat santai.Punya batik, jangan hanya disimpan di lemari, ayo padupadankan batik sebagai busana yang chic dan modern. Kita harus bangga dengan warisan leluhur Indonesia, karena batik kini sudah mendunia. Apa pendapat generasi muda tentang batik?

Muhammad Aulia Nurrahman Muhammad Aulia Nurrahman – Putra Batik Nusantara 2013

Batik berkembang semakin pesat, terlebih sejak disahkan UNESCO menjadi warisan budaya dunia asli Indonesia. Kini batik tidak hanya digunakan untuk busana formal tapi kita bisa tampil trendy, batik bisa dipakai ke mal, nongkrong atau dipakai untuk jalan-jalan misalnya. Banyak desainer Indonesia juga mengembangkan batik menjadi sebuah karya yang dijadikan ajang promosi ke Internasional. Saya sebagai generasi Indonsia bangga pakai batik.

Jessica Casey, Mahasiswa, Boston

Jessica CaseyBatik itu salah satu tradisi,warisan, culture Indonesia yang dicintai dan dibanggakan oleh seluruh Indonesia sebagai 1 negara. Biasanya orang Indonesia bingung kalo ditanyain soal “apa sih ciri khas indonesia”, saking banyaknya suku dan budaya di Indonesia. Tapi jawaban yang hampir selalu disebut ya Batik. We all have to thank Malaysia for this!

 

Nadi Khairi, Mahasiswa, Los Angeles

Nadi KhairiMenurut gw batik itu adalah sebuah karakter negara kita, sesuatu yang kita bisa pake dan melambangkan negara kita, kaya kimono buat Jepang atau ambrero buat Mexico. Batik itu sesuatu yang kita harus jaga dan lestarikan

Awis Mranani, Mahasiswa, New York City

Awis MrananiBatik adalah sebuah identitas. Menjadi bangsa Indonesia di tengah dunia global yang sudah tak berbatas, memiliki batik merupakan sebuah kebanggaan yang menjadikan kita unik dan kaya budaya di mata internasional.

Ratna Puri Nuvitasari

 

Ratna Puri Nuvitasari, Guru, Pacitan Jawa Timur

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang tidak mudah tergerus oleh jaman, walaupun teknologi makin canggih, namun batik tetap eksis dan semakin menunjukkan keberadaannya. Kita sebagai warga Inodnesia harus bangga dan mampu melestari kecantikan Indonesia yang satu ini.

Arif Rahmat, Karyawan Swasta, Jakarta

Arif RahmatBatik buat aku adalah warisan yang harus dilestarikan. Mungkin dulu batik cuma dipakai sama mbok-mbok, tapi sekarang anak muda sudah banyak pakai batik, malahan bangga. Dulu aku pakai batik hanya untuk acara formal, tapi sekarang ngga lagi, karena batik sudah familiar dan tidak kaku lagi. Sebagai penerus, aku mau melestarikan batik dengan bangga memakainya.

Klik disini untuk melihat majalah digital kabari +

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?70770

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan