Kabari News – Jika di dunia ini ada warga yang paling puas atau bahagia terhadap kondisi negaranya, warga itu pastilah berada di Panama. Pasalnya, survei yang dilakukan Gallup and Healthways Global pada pertengahan September 2014 menyimpulkan bahwa warga Panama merupakan warga yang paling puas atas kondisi negaranya dalam hal kesejahteraan.

Dan Amerika Serikat yang selama ini dikira warganya adalah yang paling berbahagia, ternyata hanya menempati urutan urutan kedua belas dalam hal kesejahteraan secara keseluruhan. Dalam 25 tahun terakhir, AS mencetak skor rendah dalam kategori masyarakat dan fisik. Hal ini menunjukkan kondisi AS tidak stabil dan tidak sehat dibandingkan dengan 24 negara lainnya yang diteliti.

Setelah mewawancarai lebih dari 133.000 orang dari 135 negara, peneliti dari  Gallup and Healthways Global menemukan bahwa Panama di Amerika Tengah memiliki tingkat kepuasan tertinggi terhadap lima unsur kesejahteraan, yaitu tujuan hidup, kehidupan sosial yang menyenangkan, keuangan yang cukup, komunitas masyarakat yang menyenangkan dan kehidupan fisik yang memuaskan.

Definisi-definisi tersebut diterjemahkan sebagai seberapa besar motivasi Anda untuk mencapai tujuan Anda, sementara elemen sosial diterjemahkan apakah masyarakat saling mendukung dalam kehidupan mereka. Komunitas, apakah orang-orang menyukai tempat mereka tinggal, merasa aman dan memiliki kebanggaan dalam komunitas mereka.

Dua elemen yang tersisa, yaitu keuangan dan fisik berfokus pada tingkat ekonomi masyarakat dan kesehatan mereka.”Ini adalah pengukuran sangat komprehensif dari kesejahteraan secara subyektif,” kata Dan Witters, direktur riset Gallup-Healthways Well-Being Index.

Kesejahteraan merupakan skor yang dapat diterjemahkan ke dalam kemajuan ekonomi, kata Peter Chouieri, presiden Healthways International. Misalnya, “Jika Anda meningkatkan kesejahteraan dengan satu poin saja, berarti ada pengurangan 1 persen pada kemungkinan menimbulkan biaya kesehatan dan penurunan 2,2 persen pada kemungkinan masuk rumah sakit. Sebuah peningkatan 10 persen dalam kesejahteraan diterjemahkan sebagai 5 persen absen terjadwal dan 24 persen absen karyawan sakit.”,” kata Choueiri

Negara-negara yang diikutsertakan dalam survei ini dalam 10 besar adalah Panama, Kosta Rika, Denmark, Austria, Brazil, Uruguay, El Salvador, Swedia, Guatemala, dan Kanada. Skor paling rendah dimiliki Afghanistan dan Suriah, sebagai negara-negara yang dilanda perang. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?70651

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

Abc Indomart

 

 

 

 

 

Kabaristore150x100-3