Kabari News –  Seorang Nelayan asal Bali memenangkan CORAL Conservation Prize dari Coral Reef Alliance. Penyerahan penghargaan ini dilakukan pada kesempatan CORAL’s 20th Anniversary Gala di California Academy of Sciences pada tanggal 20 September 2014 yang dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Dirjen Perikanan Tangkap dan Kepala PUSKITA (Kementerian Kelautan dan Perikanan RI), Board of Directors Coral Reef Alliance, Bupati Buleleng, Bali beserta sejumlah pejabat daerah serta KJRI San Francisco.

Coral Reef Alliance merupakan sebuah organisasi nirlaba di bidang manajemen dan konservasi terumbu karang. CORAL’s 20th Anniversary Gala diselenggarakan dalam rangka memperingati 20 tahun berdirinya organisasi tersebut. Coral Reef Alliance berbasis di Oakland, California dan memiliki sejumlah kantor perwakilan di luar negeri, termasuk Bali.

Pada kegiatan tersebut Coral Reef Alliance untuk pertama kalinya memberikan CORAL Conservation Prize kepada individu yang dinilai luar biasa dalam memberikan upaya untuk memelihara dan melakukan konservasi terhadap terumbu karang. Dari tujuh orang nominator yang berasal dari Amerika Serikat, Zanzibar, Honduras, Indonesia, dan Fiji, wakil dari Indonesia a.n Nyoman Sugiarta, seorang nelayan yang berasal dari Kabupaten Buleleng, Bali, terpilih sebagai pemenang. Sementara, Sdr. Abdul Manaf yang juga berasal dari Bali, terpilih sebagai runner-up.

Dalam sambutannya, Menteri Kelautan dan Perikanan menyampaikan penghargaan kepada Coral Reef Alliance yang secara aktif memberikan dukungan terhadap konservasi dan manajemen terumbu karang di dunia. Indonesia memiliki ribuan jenis terumbu karang dan ikan yang sangat perlu dilestarikan. Hal ini sangat penting dalam mendukung penghidupan masyarakat Indonesia dan tentunya dalam konteks pelestarian lingkungan hidup. Menteri Kelautan dan Perikanan juga menyampaikan penghargaan atas dianugerahkannya CORAL Conservation Prize kepada Sdr. Nyoman Sugiarta sekaligus mengundang para hadirin untuk berkunjung dan melihat keindahan Indonesia.

Selanjutnya, Sdr. Nyoman Sugiarta dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerja sama, perhatian, dan penghargaan dari Coral Reef Alliance. Sebagai nelayan, dirinya sangat berkepentingan untuk senantiasa memelihara terumbu karang sebagai elemen penting yang mendukung ekosistem di dasar laut. Apabila ekosistemnya baik, maka ikan-ikan akan dapat hidup dan berkembang dengan baik.

Dari pemikiran ini, Sdr. Nyoman Sugiarta mengajak komunitas nelayan di daerahnya untuk bersama-sama melakukan upaya nyata dengan peralatan sederhana untuk memelihara terumbu karang dan memajukan sustainable fishing practices. Hal ini terbukti membawa hasil yang positif dan berhasil meningkatkan taraf perekonomian masyarakat di daerahnya. Lebih lanjut, Sdr. Nyoman Sugiarta berkomitmen untuk menggunakan hadiah sebesar USD 20,000 dari Coral Reef Alliance untuk melanjutnya upaya konservasi terumbu karang dan juga mendonasikannya ke beberapa sekolah.

Pada kesempatan Gala tersebut juga dilakukan auction yang hasil dananya diperuntukkan bagi upaya konservasi dan manajemen terumbu karang di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?70233

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

Hosana

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2