Kabari News – Bertempat di Eisenhower Auditorium, Command and General Staff College (CGSC) Fort Leavenworth, Kansas, pada tanggal 17 September 2014, telah diadakan kegiatan “Know Your World: Indonesia” oleh Mayor Inf. Agus Yudhoyono, siswa Indonesia di CGSC. “Know Your World” adalah salah satu mata kuliah di sekolah komando militer tersebut dimana siswa yang dipilih diwajibkan untuk mempresentasikan negaranya di depan peserta pendidikan lainnya serta keluarga dan sponsor dari para siswa. Untuk tahun ini, Indonesia terpilih dari sekitar 100 negara peserta yang ada di CGSC.

“Know Your World: Indonesia” diawali dengan penampilan tari Oleg tamulilingan (Bali) oleh staf KJRI Chicago. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan presentasi mengenai Indonesia oleh Mayor Inf. Agus Yudhoyono. Dalam kesempatan ini, Mayor Agus Yudhoyono, yang mengenakan pakaian adat Sumatera Utara, menyampaikan penjelasan mengenai Indonesia dari segala aspek dengan sangat jelas dan komprehensif. Presentasi diawali dengan penjelasan sejarah Indonesia, dilanjutkan dengan kondisi geografis dan demografis Indonesia yang meskipun sangat beragam tetapi Indonesia berhasil mempertahankan persatuan dan kesatuan negara. Mayor Agus juga menyampaikan berbagai kemajuan dan keberhasilan yang dicapai Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini, terutama di bidang pembangunan ekonomi dan politik serta inisiatif Indonesia dalam menjawab tantangan dan isu-isu regional dan global.

Paparan yang komprehensif ini telah membuka wawasan para siswa dan hadirin mengenai Indonesia yang sesungguhnya, khususnya mengenai Islam di Indonesia. Para peserta terkesan dengan kenyataan bahwa agama Islam di Indonesia berkembang dengan sangat baik dan dapat sejalan dengan kehidupan berdemokrasi, serta toleransi beragama yang sangat tinggi di Indonesia.

Kegiatan memperkenalkan Indonesia ini tidak hanya melalui presentasi, melainkan juga melalui makanan tradisional Indonesia. Setelah presentasi, hadirin dipersilakan untuk menikmati sajian khas Indonesia seperti rendang, soto ayam, sate ayam, tempe goreng, bakwan sayuran, serta kue-kue tradisional seperti lapis legit dan jipang (kue manis dari bijiran beras). Selain itu, kesempatan ini juga digunakan untuk menyebarkan informasi mengenai potensi wisata di Indonesia melalui brosur-brosur yang dibagikan kepada para pengunjung.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari sekitar 350 orang yang hadir yang terdiri dari para siswa, keluarga dan para sponsor serta staf pengajar. Menurut salah satu staf pengajar CGSC, jumlah pengunjung pada Know Your World kali ini merupakan yang terbanyak dibandingkan kegiatan yang sama tahun-tahun sebelumnya.

CGSC merupakan salah satu sekolah komando militer terkemuka di dunia. Hanya perwira menengah yang terpilih melalui proses seleksi yang ketat yang dapat mengikuti pendidikan di sekolah komando ini. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah menjadi siswa di sekolah komando ini pada tahun 1991. Saat ini terdapat 4 (empat) siswa militer dari Indonesia yang sedang menimba ilmu di CGSC Fort Leavenworth, Kansas. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?70187

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

Hosana

 

 

 

 

Kabaristore150x100-2