1. Bank Indonesia (BI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menandatangani nota kesepahaman terkait kerjasama pengamanan uang di Jakarta.  Kapolri Jenderal Sutarman mengungkapkan, pihaknya siap membantu kinerja BI, khususnya dalam hal pengamanan. Polri akan menyediakan tenaga untuk mendukung perekonomian Indonesia dan menjaga martabat rupiah. Kedua belah pihak sepakat untuk memperkuat kerjasama terkait pertukaran informasi, pencegahan produksi dan peredaran uang palsu, pengawalan, keamanan, peningkatan sumberdaya manusia dan sosialisasi tugas.
  2. 2 September 2014, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan bertolak ke Singapura bertemu dengan Perdana Menteri Lee Hsien Loong dan Presiden Tony Keng Yam secara terpisah. Presiden SBY juga akan menerima gelar ‘Order of Temasek First Class’ dari pemerintah Singapura. Staf khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan, ini adalah penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah Singapura keada warga negara lain.
  3. Sebanyak 45 ribu orang peserta mengikuti lomba lari ‘Independence Day Run’ (31/8), dalam rangka merayakan HUT ke 69 RI. Lomba lari dilepas oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di depan Istana Merdeka. Acara lomba lari yang sudah dua kali diselenggarakan ini menyediakan total hadiah 700 juta rupiah. Sesuai dengan semangat 17 Agustus, lomba lari terbagi menjadi dua jarak yaitu 17 kilometer dan 8 kilometer. Tahun ini Istana Negara menyediakan 11.000 mendali yang akan diberikan kepada 1.000 pelari. ]
  4. Tujuh menteri yang terpilih menjadi anggota DPR periode 2014-2019 belum satu pun yang mengajukan pengunduran diri kepada Presiden. Karena itu Presiden SBY meminta para menteri tersebut untuk mundur dari jabatannya. Hal ini disampaikan presiden SBY melalu Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi. Ketujuh menteri tersebut adalah Tifatul Sembiring, Zulkifli Hasan, Syarief Hasan, Muhaimin Iskandar, Jero Wacik, Helmi Faishal Zaini dan EE Mangidaan.
  5. Sukses dengan Jokowi The Living Legend 2013, kini K2K Pictures kembali akan membuat film tentang presiden terpilih 2014 yang diberi judul Jokowi Adalah Kita. Pemilihan judul diambil karena slogan tersebut sudah sangat populer saat pemilihan presiden. Kemenangan Jokowi-JK menjadi sejarah bagi Indonesia, dimana untuk pertama kalinya Indonesia mendapatkan presiden dari rakyat biasa.
  6. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dipastikan tidak akan menganggur usai masa jabatannya sebagai Presiden RI pada 20 Oktober mendatang. Pasalnya, saat ini banyak organisasi internasional mengajak SBY untuk melanjutkan perhatian masalah internasional. Hal ini terungkap dan dibenarkan Menteri Luar Negari Marty Natalegawa dan Staf Khusus Presiden Bidang Luar Negeri, Teuku Faizasyah. “Jelang berakhirnya tugas Presiden RI, sebagai pengakuan atas peran Presiden selama ini, banyak tawaran beliau untuk bisa berperan melanjutkan perhatian masalah internasional” jelas Marty. Dijelaskan Faizasyah, lembaga yang mengajak Presiden bergabung bergerak di bidang penanganan konflik hingga bidang lingkungan.
  7. Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung memberikan alasan menagapa Presiden SBY menolak permintaan presiden terpilih Joko Widodo. Menurut Chairul Tanjung, permintaan Jokowi ditolak karena Presiden menganggap bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk mengambil kebijakan menaikan BBM subsidi, karena tahun lalu pemerintah baru menaikan harga BBM subsidi 33 persen. Selain itu pemerintah juga menaikan harga listrik secara berkala. Alasan ketiga, menurut Chairul dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi pemerintah akan menaikkan harga gas elpiji 12 kg. alasan-alasan itulah yang menjadi bahan pertimbangan Presiden SBY menolak usulan Jokowi.
  8. Presiden terpilih Joko Widodo menegaskan bahwa ia akan menerapkan system presidensial murni dalam menjalankan pemerintahannya ke depan. Ia bahkan menegaskan akan mengevaluasi kinerja jajaran kabinetnya setiap setahun sekali. Apabila ada menteri yang gagal mencapai target sesuai yang ditetapkan, maka Jokowi tidak segan untuk mencopotnya, Reshuffle atau perombakan kabinet, tegasnya merupakan hak prerogative presiden.
  9. Dinas Perhubungan DKI Jakarta tampak serius menangani masalah parkir liar di Jakarta. Mereka akan menerapkan sistem denda baru. Dalam satu hari, pengendara akan dikenai kelipatan Rp 500 ribu. Wakil Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Benjamin Bukit menjelaskan kendaraan yang kedapatan parkir tidak pada tempatnya akan langsung diderek petugas. Petugas membawa kendaraan ke tempat penampungan. Pengendara yang akan mengeluarkan mobil dalam penampungan tak perlu lagi membayar di kantor Dinas Perhubungan. Mereka cukup mengirim SMS ke nomor 0857-9920-0900. Ada tiga tempat penampungan yaitu di Rawa Buaya, Pulogebang dan Tanah Merdeka. Peraturan ini akan berlaku mulai 8 September 2014.
  10. Pro kontra atas pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Maruarar Sirait yang berharap Jokowi melakukan penghematan sebelum menaikkan harga BBM subsidi. Salah satunya adalah menjual pesawat kepresidenan. Pernyataan tersebut dijawab oleh Istana Negara. Staf khusus Presiden Bidang Ekonomi, Firmansyah mengatakan, pembelian pesawat kepresidenan di era Presiden SBY merupakan langkah untuk menghemat biaya perjalanan dinas kepresidenan. Menurut dia, biaya dinas kepresidenan akan jauh lebih besar jika menggunakan pesawat regular atau pesawat sewaan.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?69419

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :