Jamu sangat akrab dengan wanita Indonesia. Salah satu jamu yang paling populer dan disukai adalah kunyit asam. Jamu tradisoinal ini tidak hanya menyegarkan, tapi juga memberikan manfaat yang baik bagi tubuh terutama untuk para wanita.

Minuman menyehatkan ini diracik dari berbagai bahan herbal yang berkhasiat. Berminat membuatnya sendiri di rumah?

Untuk membuat jamu kunyit asam diperlukan bahan 80 gram asam Jawa, 150 gram kunyit, 130 gram gula jawa, 80 gram gula pasir, garam secukupnya dan 1 liter air. Hal pertama yang mesti Anda lakukan jika ingin membuat jamu kunyit asam adalah memisahkan biji asam dari daging, kemudian campur daging tersebut dengan air lalu diaduk. Siapkan kunyit yang telah diparut, lalu peras airnya. Setelah itu, air asam dapat dicampur dengan air kunyit untuk kemudian direbus hingga sedikit mengental. Saring air tersebut dan tambahkan gula, maka jamu kunyit asam Anda siap dikonsumsi. Catatan: bagi yang menjalani diet rendah gula, Anda bisa mengganti gula dengan madu.

Jamu kunyit asam nikmat diminum dalam keadaan dingin maupun hangat. Kesegaran minuman tradisional ini sudah tidak diragukan lagi, bahkan untuk kaum hawa jamu ini sangat bersahabat jika diminum saat datang bulan (haid). Kunyit asam dipercaya dapat memperlancar tamu bulanan dan meringankan nyeri saat menstruasi. Tak hanya itu saja, ada beberapa khasiat yang perlu Anda tahu, seperti berikut ini.

Manfaat kunyit asam

Detoksifikasi
Manfaat utama dari mengonsumsi air kunyit asam adalah untuk membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh. Kunyit memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh sehingga tubuh Anda pun akan lebih sehat.

Mengontrol berat badan
Bagi Anda yang ingin menjaga berat badan, konsumsilah minuman kunyit asam. Minuman ini mampu menekan nafsu makan Anda sehingga Anda pun terhindar dari keinginan mengonsumsi makanan secara berlebih.

Menyembuhkan infeksi tenggorokan
Kunyit memiliki sifat anti bakteri sehingga mampu membunuh bakteri penyebab infeksi. Kunyit juga mampu membersihkan tenggorokan Anda.

Mengobati keletihan
Selain memiliki sifat anti bakteri, kunyit juga memiliki sifat anti inflamasi. Sehingga minuman ini mampu menghilangkan rasa sakit atau pegal di tubuh.

Menyembuhkan infeksi kulit
Infeksi kulit karena luka bakar, cedera, atau terpapar sinar matahari secara berlebihan dapat disembuhkan dengan rutin meminum air kunyit asam. Hal ini disebabkan karena sifat anti inflamasi di dalam kunyit.

Mencerahkan kulit
Karena kunyit mampu menghilangkan racun di dalam tubuh, maka hal ini juga akan berdampak positif bagi kulit. Dengan rajin mengonsumsi air kunir asam, maka Anda akan memiliki kulit yang bersih dan cerah.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?69158

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan