Young Woman Exercising on a Rowing MachineSetelah berolahraga sendiri dengan lari atau bersepeda, sekarang ingin mencoba gym, kenapa tidak. Gym menjadi satu alternatif mereka yang gemar melakukan olahraga dengan beragam alat di dalam satu tempat. Sungguh praktis. Di bawah ini ada tips agar makin bugar dan nyaman saat di Gym

Isi Perut

Jangan nge-gym dengan perut kosong. Makan dengan menu sehat paling tidak dua jam atau 90 menit sebelum mulai olahraga. Makan terlalu kenyang atau dengan jarak yang berdekatan akan membuat perut kita kram. Makanan ini harus mudah dicerna dan harus berisi sekitar 40 sampai 100 gram karbohidrat dengan jumlah yang rendah lemak. Jangan lupa siapkan air putih dan minumlah disela-sela olahraga ini untuk menghindari dehidrasi yang mengakibatkan sakit kepala, berkunang-kunang dan perut mual.

Pemanasan

Sebelum memulai olahraga apapun, pastikan kita melakukan pemanasan. Agar lemas dan tidak celaka saat berolahraga. Lakukan kardio selama 10-15 menit dan jangan lupa pendinginan sebentar sebelum memulai memilih alat olahraga lainnya.

Lakukan Secara Rutin

Akan lebih baik jika memilih alat-alat olahraga selalu sama setiap harinya kemudian dapat ditambah intensitas memilih alat olahraga lainnya. Ini membantu kita untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Memiliki Tujuan

Sebagai pemula, kita harus tahu apa tujuan kita untuk nge-gym. Misalnya ingin menurunkan berat badan, ingin mengencangkan perut atau lengan, sehingga kita tahu alat apakah yang akan kita pakai. Daripada kita berada di gym selama satu jam tapi tidak menghasilkan apa yang kita inginkan. Selain itu dengan memiliki tujuan, kita memiliki motivasi.

Bersama Teman

Agar lebih rajin dan termotivasi, ajaklah teman untuk nge-gym bersama. Asal jangan jadi ngobrol dan bercanda saat latihan atau saat pendinginan. Teman adalah untuk saling memotivasi kegiatan olahraga kita.

Jangan Malu Bertanya

Ketika menghadapi alat yang tidak kita mengerti cara pakainya atau kita tidak yakin apakah alat itu tepat untuk tujuan kita, jangan malu bertanya pada staf. Daripada kita celaka. Staf pastui akan dengan senang hati membantu menerangkan dan memperlihatkan cara kerjanya.

Personal Trainer

Jika kita merasa kurang mengerti apa yang harus dilakukan di gym, cobalah berlatih dengan seorang PT (personal trainer) minimal beberapa minggu. Bersama PT, kita akan lebih fokus dengan tujuan kita dan dapat mengenal dan mengerti cara kerja alat yang kita pakai serta bagaimana memonitor latihan kita.

Jaga Kebersihan

Tentu saja di gym kita bergantian memakai alat dan kita tidak tahu apakah mereka sehat atau sedang terserang flu. Kuman ada dimana-mana. Jadi kita bisa menyimpan tisyu kering atau basah untuk mengelap alat yang akan kita gunakan. Tentunya tanpa terlihat kurang sopan. Dan kita juga harus menjaga kebersihan setelah menggunakannya. Lap jika keringat kita banyak menempel di alat itu setelah memakainya.

Baju Olahraga

Pilihlah baju olahraga yang nyaman dan menyerap keringat serta tidak mengekang gerakan kita. Tapi artinya jangan pilih terlalu minimalis, terlalu ketat, terlalu pendek dan memperlihatkan jelas anggota tubuh kita. Ini tidak membuat nyaman di sekitar. Gym untuk olahraga bukan untuk memamerkan tubuh yang berlebihan.

Masuk Kelas

Banyak gym memiliki kelas seperti kelas Spinning (bersepeda) atau kelas Yoga. Jika mendaftar kelas itu berarti harus mengikuti peraturan yang ada. Jangan terlambat karena dapat menggangu kenyamanan kelas. Pertama kali masuk kelas, pilihlah barisan belakang sehingga tidak mengganggu yang lain yang melihat dan mengikuti gerakan kita yang pasti belum kompak.

Hindari Jam Sibuk

Agar lebih nyaman, hindari jam sibuk dan penuh orang di gym sehingga kita dapat nyaman dan lebih konsentrasi. Bertanyalah pada staf hari dan jam-jam sibuk, kemudian pergilah ke gym di luar hari itu. Seandainya jadual kita bentrok dengan jam sibuk itu, fokuskan saja pada apa yang kita lakukan dan tutuplah telinga dengan musik dari iPod kita. Mendengarkan musik saat berolahraga akan membuat kita berolahraga lebih semangat.

Bersantai

Beberapa gym memiliki kolam renang, hot tub atau kamar sauna. Setelah melakukan latihan, cobalah bersantai berenang di kolam renang atau di hot tub. Selain dapat melemaskan otot juga dapat membuat badan kita lebih segar. (1004)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?68657

Untuk melihat artikel Tips & Trik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

intero