Begitu banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat, salah satunya adalah jintan. Rempah yang biasanya dimanfaat untuk menyedapkan masakan itu ternyata menyimpan khasiat yang menyehatkan. Sejak jaman nenek moyang jintan sudah dipercaya dapat mengobati gangguan pencernaan.

Biji jintan dapat membantu mengurangi keluhan perut kembung karena masuk angin. Jintan mengandung sifat yang karminatif, yang berarti dapat membantu pencernaan menjadi lebih kuat dan membantu dalam proses pembuangan gas dalam perut.

Kembung terjadi akibat bakteri jahat melepaskan semacam gas di dalam usus. Rasa tidak nyaman dan perut terasa penuh itulah yang biasanya dirasakan penderita perut kembung atau gangguan pencernaan.  Lalu apa solusinya?

Jangan khawatir, perut kembung dapat diatasi dengan mengkonsumsi sejumput jinten. Dengan minum seduhan atau rebusan biji jintan dapat membantu  mengatasi pertumbuhan bakteri buruk di dalam perut dan memungkinkan bakteri baik untuk mencerna makanan. Aroma jintan yang tergolong kuat dan tajam juga bisa mengurangi rasa mual yang disebabkan  kembung. Sensasi jintan yang hangat juga bisa membantu melegakan pernapasan.

Jika ingin mendapatkan khasiat lebih cepat, Anda bisa mencobanya dengan mengkonsumsi (mengunyah) langsung beberapa biji jintan. Kunyahlah segenggam biji jintan untuk mengatasi perut kembung. Tapi jika Anda tidak terlalu suka mengunyah jintan karena rasanya yang pahit dan getir, Anda bisa menambahkan sesendok madu untuk menetralisir rasanya. Madu pun bisa ditambahkan saat akan menyeduh atau merebus jintan.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?68538

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan