Kabari News – Terpilihnya Joko Widodo menjadi presiden Indonesia untuk periode 2014-2019 mendapat soroton tidak hanya media lokal, melainkan juga media asing. Time.com melalui artikelnya yang berjudul With the Election of Joko Widodo, Indonesia Writes a New Chapter, menyebutkan “Many see Jokowi’s win as an augury for a more mature era in Indonesian politics”.

Tidak seperti banyak tokoh mapan yang mendominasi arena politik, Jokowi yang berusia 53 tahun berasal dari latar belakang yang sederhana,  ia dibesarkan di daerah kumuh di tepi sungai di Solo, Jawa Tengah, dan tidak memiliki hubungan dengan keluarga berpengaruh. Setelah karir sebagai pengusaha mebel, ia mulai terjun dalam dunia politik sebagai walikota kota kelahirannya kurang dari satu dekade yang lalu – dan mengalami peningkatan pesat ini, bersama dengan tingginya tingkat antusiasme.

Sementara itu New York Times melalui artikelnya A Child of the Slum Rises as President of Indonesia menyebutkan Kemenangan tersebut merupakan kenaikan yang mencolok untuk Joko Widodo, 53, yang lahir dan dibesarkan di daerah kumuh tepi sungai di kota Surakarta, juga dikenal sebagai Solo, di Provinsi Jawa Tengah. Dia tumbuh menjadi seorang tukang kayu dan kemudian eksportir furnitur sebelum memasuki dunia politik pada tahun 2005 Dia dua kali terpilih sebagai walikota kota kelahirannya, dan gubernur Jakarta tahun 2012.

Joko Widodo sosok sederhana dengan apa yang telah digambarkan sebagai khas “wajah desa,” akan menjadi presiden ketujuh di Indonesia dan yang pertama tidak muncul dari elit politik di negara itu atau dari seorang jenderal militer. Jokowi akan memimpin sebuah negara yang telah berhasil mengkonsolidasikan demokrasi dan menikmati pertumbuhan ekonomi yang kuat di bawah presiden, Susilo Bambang Yudhoyono, yang telah menjabat dua periode lima tahun. Indonesia telah memiliki salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di Asia dalam beberapa tahun terakhir, bersama dengan China dan India. (1009)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?68388

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

intero