teh lidah buayaPernah mencoba teh lidah buaya?

Bagi Anda yang belum pernah mencobanya mungkin berpikir bahwa lidah buaya hanya bisa digunakan untuk menyuburkan rambut atau merawat kulit saja. Tapi tahukan Anda, lidah buaya juga dapat dibuat sebagai minuman menyehatkan. Teh lidah buaya atau teh aloe ini terbuat dari ekstra tanaman lidah buaya, yang memiliki khasiat untuk mengobati masalah pencernaan.

Teh ini terbuat dari lidah buaya yang sudah dikeringkan dan sudah dikemas dalam bentuk kantong teh. Bahan yang terkandung dalam teh aloe ini pun beragam, ada campuran jahe, kayu manis dan rempah-rempah lain untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan. Jika sulit mendapatkan ekstraknya, Anda bisa membuat di rumah, menggunakan jus atau ekstrak lidah buaya lalu dicampurkan pada minuman.

Ramuan ini memberikan efek pencahar, yang pada umumnya berfungsi baik bagi seseorang mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit.  Lidah buaya juga digunakan beberapa pasien yang terkena arthritis, asma, dan diabetes. Namun sebelum mengobati  masalah kesehatan Anda dengan teh ini ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Meski menyehatkan, tapi ada yang perlu diingat.  Jangan terlalu banyak mengkonsumsi  teh ini, karena jika terlalu sering dapat memperburuk penyakit pencernaan bahkan dehidrasi. Sifat pencahar juga dikenal dapat mengurangi penyerapan nutrisi dan obat yang sedang dikonsumsi seseorang. Nah, untuk menghindari  hal tersebut sebaiknya batasi jumlah konsumsinya, aturan yang disarankan 1-2 cangkir teh per hari.

Teh lidah buaya dapat dinikmati panas maupun dingin. Untuk teh yang lebih pekat disarankan dibuat es teh, karena sifat es yang secara alami mencair dan memudarkan rasa.  Untuk mengatasi masalah pencernaan, sebaiknya minum konsumsi teh lidah buaya panas, karena suhu hangat dapat memberikan efek rileks pada tubuh. Rasanya memang agak pahit, tapi Anda tidak perlu khawatir sebab boleh ditambahkan madu, air perasan jeruk nipis atau kulit lemon untuk mengurangi rasa pahitnya. Selamat mencoba.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?68246

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan