Pilpres di San Fransisco berjalan lancar pada sabtu (5/7). Menurut ketua PPLN San Francisco, Billy Muchtar kepada kabarinews.com, penyelenggaran pilpres di KJRI San Fransisco cukup berhasil. “Antusiame para pemilih sangat besar dan benar adanya membludaknya peserta pemilu tahun ini” kata Billy.

Tetapi, pihaknya telah mengantisipasi membludaknya para WNI yang ingin mencoblos. “Sebelumnya sudah diantisipasi akan terjadi kebanjiran pemilih. Jadi kami sudah mempersiapkan” imbuhnya. Dari 300 para pemilih yang terdaftar, kata Billy, namun yang datang ke KJRI jumlahnya melampaui angka itu. Hanya saja pihak PPLN mengutamakan  para WNI yang terdaftar terlebih dahulu, setelahnya baru melayani  mereka yang belum terdaftar.

10514653_814046341940166_5349910470083375660_nProses pemilihan berlangsung dari pukul 10.00 – 18.00 (waktu setempat) dimulai dengan dengan pengambilan sumpah KPPSLN San Francisco yang dipimpin oleh Billy Muchtar, dan disaksikan oleh Panwaslu, Konjen KJRI San Francisco berserta staf, serta masyarakat Indonesia. Setelah mengambil sumpah, KPPSLN memberi kesempatan pertama kepada Konjen RI San Francisco dan Ibu Agustina Sinambela untuk menggunakan hak pilihnya, dan diikuti oleh masyarakat Indonesia yang lain.

Billy mengatakan untuk hasilnya di KJRI San Francisco untuk  seluruh Indonesia tanggal 9 Juli untuk yang di TPS. Sedangkan yang lewat pos dan dropbox akan dihitung  pada tanggal 13 Juli, dan  14 Juli sudah dapat hasil untuk keseluruhannya. KJRI San Fansisco sendiri mencakup wilayah Idaho, Washington State, Alaska, dan Northern California.

Harapannya sebagai masyarakat Indonesia di luar negeri, Billy mengatakan pemilu presiden ini dapat berjalan lancar dan tidak ada gejolak yang signifikan dan diharapkan setelah pemilu ini dapat merubah perekomonian dan kehidupan warga negara Indonesia menjadi lebih baik, baik di dalan negeri maupun di luar negeri. “Dengan suara mereka akan menentukan masa depan Indonesia dan jangan ada golput.” pungkas Billy. (1009)

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?67816

Untuk Melihat artikel KBRI-KJRI lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

greatpremium