1. Selama bulan Ramadan, jam kerja pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta dikurangi 1,5 jam. Kepala badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta I Made Karmayoga menjelaskan ketentuan ini tertuang dalam surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Sesuai ketentuan tersebut, selama bulan puasa jam masuk pegawai mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB. Kendati jam kerja dibuat lebih singkat, PNS diminta tetap menjaga disiplin dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama Ramadan. PNS yang ketahuan mangkir kerja, terlambat masuk kantor atau kinerja menurun selama bulan puasa, akan dikenai sanksi sesuai Peraturan Pemerintah nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.
  2. Gunung Sinabung, Sumatera Utara kini kembali berstatus siaga (level III) setelah meletus kembali pada Minggu (28/6).  Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 19.29 WIB dimana dengan tinggi letusan 4.000 m dan luncuran awan panas 4.500 m ke arah tenggara. Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini, sementara jumlah pengungsi mencapai 14.382 jiwa.
  3. Musisi kondang Iwan Fals tengah mengajukan izin kepada Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki TJahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok, perihal konser yang rencananya akan digelar di Monas.  Iwan berencana menggelar konser usai Pilpres pada 9 Juli mendatang. Bukan tanpa sebab Iwan akan mengadakan konser akbar yang diberi tema ‘Nyanyian Raya’, pasalnya konser ini akan menjadi ajang silaturahmi usai pemilu. “Harapannya di Monas. Dengan harapan baru ada presiden terpilih nanti ada ketemu dengan banyak orang” papar Iwan. Menurut prediksinya, konser akan dihadiri lebih dari 4 juta penonton. Selain mengusung  tema silaturahmi, soal kecerdasan lingkungan supaya menyayangi pohon dan tidak membuang sampah sembarangan.
  4. Di Semarang, puluhan mahasiswa dari Aliansi Gerakan Mahasiswa (AGM) yang berasal dari berbagai universitas menggelar unjuk rasa menolak calon presiden dari militer. Mereka menilai capres dari militer dianggap terlalu otoriter sehingga dapat mencederai kehidupan bangsa. Mereka juga menutut para pelaku pelanggaran HAM dihukum sesuai sanksi yang berlaku. Aksi puluhan mahasiswa tersebut dimulai dengan long march dari bundaran jalan Pahlawan, Kota Semarang, kemudian mengelilingi Simpanglima dan membentangkan spanduk bertuliskan ‘menolak lupa’ serta menggelar aksi teatrikal.
  5. Cawapres Jusuf Kalla masuk rumah sakit (RS) usai menjalani debat cawapres yang digelar KPU Minggu (29/6). Kepada wartawan, pria yang akrab disapa JK itu mengakui dirinya kecapaian karena selama satu minggu sibuk kampanye hingga belum istirahat. Pada saat debat cawapres yang disiarkan dibeberapa stasiun TV swasta, JK terlihat lelah.  Namun setelah mendapat perawatan selama beberapa jam, ia diperbolehkan pulang.
  6. Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja menghapus kebijakan Gubernur non aktif Joko Widodo terkait Taman Medan Merdeka yang biasanya dihelat sebagai lahan pelaksanaan Pekan Raya Jakarta (PRJ). Lahan terbuka hijau berhias tugu Mona situ kini dikembalikan sebagai paru-paru kota. Ahok menggeser PRJ ke tingkat wilayah kota, menyisakan banyak sampah. “Taman kebanggan kita seperti pasar. Ada sampah berserakan. Lalu lintas ke depan Istana Kepresidenan juga makin macet. Tampilannya makin jauh dari aura ibukota” paparnya. Untuk alasan itulah Ahok tidak lagi menggelar PRJ di Monas.
  7. Selama bulan Ramadan, Masjid Istiqlal akan menyediakan 3.000 makanan berbuka puasa dan takjil bagi jamaan secara gratis. “Setiap hari masyarakat dapat menikmati santapan secara gratis di koridor bawah, ada 3.000 nasi kotak dan takjil disiapkan bagi yang datang ke Masjid Istiqlal” ungkap Drs. H Mubarok MSi, ketua BPPMI.  Rencananya pada sisa 10 hari terakhir puasa, akan disediakan  makanan sahur untuk 1.500 jemaah.
  8. Perkembangan film animasi di Tanah Air kini mulai menanjak. Tidak sedikit pula animator asal Indonesia yang berkerja di perusahaan asing, bahkan luar negeri. Menanjaknya perkembangan film animasi tidak lepas dari peran dimana para animator menuntut ilmu. Kampus STMIK STIKOM, sekolah tinggi di Yogyakarta ini banyak mencetak animator handal. Hal ini terbukti dengan film-film animasi akan segera keluar di pasaran. Bahkan karya mereka dapat disejajarkan dengan film animasi kelas Hollywood.
  9. Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) meminta kepada organisasi masyarakat (ormas) untuk tidak melakukan aksi sweeping selama bulan suci Ramadan. Apabila ada, ormas yang masih membandel akan ditindak tegas. “Jika ada yang tidak berkenan, laporkan ke pihak polisi terdekat, nanti akan kami tindak” kata Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar saat konferensi pers.  Boy meminta kepada masyarakat untuk saling memberikan informasi apabila ada tindakan yang melanggar undang-undang. Dengan begitu Boy mengatakan Indonesia akan menjadi negara aman.
  10. Dunia teknologi aplikasi saat ini sudah memasuki era mobile application and cloud computing. Bertepatan dengan adanya pesta demokrasi Pilpres, PT EBconnection ikut memberikan kontribusinya berupa hasil karya mereka yang disebut ‘Pantau Pemilu’. Sesuai namanya, Pantau Pemilu adalah sebuah aplikasi mobile yang berbasis Android yang dapat diunduh dari Google Play Strore secara gratis sebagai wujud partisipasi EBconnect serta mengajak masyarakat umum untuk berperan aktif dalam menyemarakan pesta demokrasi yang ada, terutama dalam mengawal proses pemungutan suara yang jujur dan adil.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?67525

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :