pencak-malioboro-festivalPesta akbar ajang berkumpulnya para pesilat dari berbagai belahan Nusantara, Pencak Malioboro Festival (PMF) III 2014 hari ini mulai digelar (30/5). Tercatat hingga akhir pekan lalu, Sabtu (24/5)  sudah lebih dari 5000 pesilat atau tepatnya 5038 pesilat sudah terdaftar ke Panitia PMF III. Jumlah tersebut hampir sama dengan jumlah peserta PMF II 2013 lalu.

“Jumlah ini pun karena kami batasi, sebab beberapa waktu lalu ada beberapa perguruan yang minta izin ke panitia untuk mengirimkan lebih dari 1000 anggotanya dan terpaksa kami tolak dan hanya kami izinkan mengirim maksimal 500 anggotanya saja.” kata Ludyarto Bimasena, Ketua Panitia Pelaksana PMF III.

Dalam siaran persnya, dari data yang sudah masuk ke Panitia PMF III tercatat ada  61 perguruan yang terlibat di PMF III 2014, 32 perguruan dari DIY dan sekitarnya serta 29 perguruan dari luar DIY. Beberapa perguruan  di Wilayah DIY dan Magelang yg mengirimkan anggotanya dalam jumlah ratusan antara lain  Tapak Suci (700 pesilat), IKS PI Kera Sakti (500), Setia Hati Winongo (500), Cepedi (400), Perisai Diri (300), Persinas ASAD (300), Pagar Nusa Kartasura (365), Merpati Putih (223), POPSI Bayu Manunggal (200), KPSN Muntilan (150), Perpi Harimurti (150), dan Wahyu Sejati (100).

Sementara itu dari luar DIY tercatat ada perguruan-perguruan seperti Garis Paksi, Maenpo, Gerak Gulung Budi Daya, Cimande, Cikalong dan lain-lain dari wilayah Jawa Barat. Kemudian ada  Sabeni Tanah Abang, Beksi Kong Noer, Mutiara Betawi, Silat Betawi Gerak Rasa Sikilat, Silat Terazam dari Betawi. “Mereka, para pesilat dari DIY dan luar DIY, serta beberapa dari luar negeri, seperti dari Thailand dan Amerika. Selain akan mengikuti Pawai Pencak pada hari Minggu (1/6) juga akan tampil di acara khaulan atau spontanitas di panggung di kompleks eks Pasar Burung Ngasem dan beberapa diantaranya akan tampil di acara Pesta Pencak Malioboro Festival pada puncak acaranya PMF III, ” tutur Ludy.

Hari pertama PMF III akan dibuka dengan acara bazar/pameran di Kompleks eks Pasar Burung Ngasem, mulai Jumat siang (30/5). Pada hari pertama ini juga akan berlangsung Festival Komposisi Gerak Pencak mulai pukul 15.30 hingga 18.30 WIB.  Festival Komposisi ini akan berlangsung selama dua hari hingga Sabtu malam. Setiap malam setelah acara Festival Komposisi Gerak Pencak akan dilanjutkan dengan khaulan yang diisi oleh para peserta PMF III yang ingin mendemonstrasikan kebolehannya. Mulai hari pertama ini juga akan berlangsung Lomba Foto Pencak PMF III  yang akan diikuti oleh puluhan fotografer dari DIY dan luar DIY. Lomba foto ini akan berlangsung selama 3 hari dari Jumat (30/5) – Minggu (1/6) atau selama PMF III berlangsung. Khusus untuk Lomba Foto Pencak PMF III ini panitia masih membuka pendaftaran hingga H-1 atau hari Kamis (29/5).

Acara lain yang cukup menarik adalah Workshop Pencak yang akan menghadirkan 2 guru pencak, yakni Mas Mochamad Amien dari aliran silat Madura dan sdr. Demank dari Silat Patikaman Kalimantan. Acara ini terbuka untuk umum dan akan dilaksanakan di Balaikota Kota Yogyakarta pada hari Sabtu (31/5) dari pagi hingga sore.  Selanjutnya, di Hari Minggu (1/6) akan berlangsung acara akbar, yakni Pawai Pencak dengan mengambil start dari Parkiran Abu Bakar Ali dan finish di Nol Kilometer. Ribuan pesilat tersebut akan menampilkan atraksinya yang menarik, yang merupakan ciri khas aliran dan perguruannya masing-masing. Kemudian, Minggu malamnya akan berlangsung Pesta Pencak Malioboro Festival III yang merupakan acara puncak PMF III di Panggung di Kompleks eks Pasar Burung Ngasem. (1009)

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?66703

Untuk melihat artikel Nusantara lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

intero