logo top 10

  1. Kementerian Pekerjaan Umum (PU) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menerbitkan target baru penambahan jalan selama 5 tahun, dari 2015-2019. Dalam rentang waktu tersebut Ditjen Bina Marga merencanakan akan menambah 6.000 kilometer jalan nasional. Dijelaskan Harris Batubara selaku Ditjen Bina Program Ditken BIna Marga dalam siaran persnya, rencana pembangunan jalan telah dimasukan dalam konsep RPJMN 2015-2019. Selain itu dalam RPJMN tersebut juga ditargetkan kemantapan seluruh jaringan jalan Indonesia naik menjadi 100 persen untuk jalan nasional, sementara provinsi 75 persen dan kabupaten 60 persen. Selain itu pemerintah juga mentargetkan akan menurunkan waktu rata-rata per 100 kilometer dari 2,6  jam (sekarang) menjadi 1,5 jam.  “Pengurangan waktu tempuh akan dilakukan secara bertahap melalui kegiatan peningkatan kapasitas jaringan jalan yang ada. Sebagai contoh peningkatan kapasitas jalan adalah pelebaran jalan yang sub-standar menjadi standar serta penambahan jalur” jelasnya.
  2. Guna mengurangi tingkat kemacetan, pemerintah berencana tahun depan akan membangun jalur kereta api laying di lima kota besar, diantaranya Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan dan Bandung. Dijelaskan Dirjen Perkereta apian Kemenhub Hermanto Dwiatomoko, rencana ini sudah lama dicanangkan berdasarkan Peraturan Presiden No. 83 tahun 2011. Dalam peraturan tersebut diberikan kewenangan kepada PT Kereta Api Indonesia untu membangun jalur kereta layang. Jalur kereta layang akan dibangun khususnya pada jalur perlintasan kereta sebidang dan akan menggunakan biaya dari pemerintah Perancis. Sedangkan jalur layang Semarang, Surabaya masih dalam tahap kajian.
  3. Merasa nasibnya masih belum jelas paska erupsi G. Sinabung, ribuan korban pengungsi mengancam akan golput pada pemilu legistlatif yang akan digelar pada awal April mendatang. Hal ini dijelaskan oleh salah satu pengungsi yang mengaku kurang diperhatikan pemerintah. Para pengungsi masih terus memikirkan nasib mereka dan berharap bisa hidup seperti sedia kala bisa sebelum rumah, sawah dan perkebunan mereka hilang disapu awan panas. Sampai saat ini sekitar 15 ribu pengungsi belum kembali ke desanya.
  4. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjadi salah satu kepala daerah yang menyita perhatian publik karena kebijakannya yang inovatif. Salah satunya yaitu melarang impor beredar di lingkungan pemda. Kebijakan tersebut sudah berlangsung 3 tahun. Dalam menerapkan aturan, Anas mengaku lebih menekankan aspek budaya bukan sanksi. Diharapkan kebijakan ini dapat menyadarkan warga Banyuwangi agar sepenuhnya lepas dari buah-buahan impor. Bahkan, Banyuwangi berhasil mengeskpor buah ke luar negeri.
  5. Badan Narkotika Nasional (BNN) telah mencanangkan 2014 sebagai tahun penyelamatan pecandu narkotika. Kepala BNN Kota Jakarta Timur, Kombes Supardi mengatakan, strategi BNN dalam mencegah dan menyelamatkan pecandu narkoba mencakup instansi pemerintah dan swasta. “Kami mengajak semua stakeholders untuk bersama-sama mensukseskan tahun 2012 sebagai tahun penyelamatan pecandu narkoba”. Salah satu sosialisasinya yaitu menggandeng media, sebagai salah satu sarana informasi sehingga dapat mempengaruhi pola pikir masyarakat. “BNN berharap agar media menjadi isu pencegahan dan rehabilitasi untuk tidak kalah seksinya dengan isu pemberantasan” paparnya.
  6. Komisi Pemilihan Umum (KPU) besama Tentara Republik Indonesia (TNI) akan membangun kerjasama pengamanan Pemilu 2014. Kerjasama terkait pengamanan sistem pemilu mulai dari tahapan sampai hasil pemilu. TNI juga akan mengawal dan menyediakan transportasi distribusi logistik pemilu. Penandatanganan perjanjian kesepahaman atau MoU disepakati pada Senin (24/3) untuk mewujudkan pemilu aman, adil dan jujur.
  7. Bencana longsor yang terjadi di negara bagian Washington, Amerika  Serikat menelan korban jiwa. Jumlahnya bertambah manjadi delapan orang sementara 18 orang lainnya masih hilang.  Delapan orang mengalami cedera ketika tanggul di jalur jalan Oso, Washington, sekitar 90 km arah timur laut Seattle tidak mampu menahan air hujan, sehingga menyapu sedikitnya enam rumah di wilayah itu.
  8. Dunia mengakui Jokowi, sebagai salah satu dari 50 tokoh besar dunia versi majalah terkemuka AS, Fortune.. Gubernur DKI Jakarta yang kini maju ke Capres 2014 ini menduduki peringkat ke 37. Selain Jokowi, di daftar peringkat lima besar diraih oleh Paus Francis, Angela Markel, ada juga pialang saham terkemuka AS Warren Buffet, CEO Apple Tim Cook, dan pejuang pendidikan asal Afghanistan Malala Yousafzai.
  9. Pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 terus dilakukan. Tim pencari gabungan dari berbagai negara kini memfokuskan pencarian di Koridor Selatan, Samudera Hindia, dekat Australia. Alat canggih robot pun dikerahkan. Angkatan Laut Amerika Serikat menyebar Towed Pinger Locator 25 atau alat khusus pencari ‘kotak hitam’ pesawat MH370 di Samudera Hindia. Masa aktif kotak hitam MH370 dikabarkan akan habis sekitar 15 hari lagi, karena itu tim pencari harus segera menemukan alat penyimpan rekaman pesawat tersebut.
  10. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2014 tentang pencabutan Surat Edaran Presidium Kabinet Ampera Nomor SE-06/Pred.Kab/6/1967 tanggal 28 Juni 1967, yang intinya menghapus istilah China dan kembali ke istilah etnis Tionghoa. Melalui fan page facebooknya, Presiden mengatakan  tentu tidak fair jika mereka yang sudah lahir, besar dan bekerja serta mengabdi di bumi pertiwi Indonesia masih di-stereotype-kan dengan menyebutkan etnis ‘China atau Cina”. “Kepres ini menjadi salah satu elemen penting dalam penghapusan diskriminasi saudara-saudara kita itu” papar SBY melalui laman facebooknya. SBY menambahkan, Kepres Nomor 12 Tahun 2014 yang ditandatangani 14 Maret lalu itu, merupakan sebuah trobosan penting dalam upaya menciptakan suasana kehidupan yang bebas diskriminasi Ras dan Golongan.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?62595

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :