Muhammad BarustanMuhammad Barustan terpilih menjadi YES Student terbaik untuk bulan Februari 2014. Sejak kedatangannya di West Salem, Wisconsin, ia dengan mudahnya beradaptasi dengan kehidupan disana  bersama keluarga angkatnya, keluarga Anderson, dan langsung terlibat aktif  dalam berbagai kegiatan sosial, olahraga dan ekstra kurikuler di sekolah.

Ketika masa liburan mulai menjelang, Muhammad menyadari bahwa ada banyak sumbangan yang diberikan masyarakat disana bagi anak-anak yang membutuhkan, tetapi sedikit sekali bantuan yang diberikan untuk orang-orang dewasa ataupun para orang tua anak-anak tersebut. Muhammad lalu mengambil inisiatif untuk mengorganisasikan proyek pelayanan masyarakat, ‘Bags of Hope’ dimana ia menyalurkan kantong-kantong sumbangan bagi para orang-orang dewasa yang membutuhkan. Muhammad mulai mengumpulkan sumbangan berupa sampo,  lotion, deodoran, odol,  sikat gigi, sisir, majalah-majalah, dan buku-buku dari masyarakat disekitarnya dan teman-teman di sekolahnya.

Muhammad berhasil mengumpulkan 70 kantong sumbangan dan pada malam pendistribusian sumbangannya, ia meminta tolong tim paduan suara sekolahnya untuk bernyanyi ketika kantong-kantong tersebut dibagikan. Proyek ini juga menginspirasi keluarga angkatnya untuk ikut beramal. Ayah angkatnya, seorang mekanik bis, bahkan memenuhi sebuah bis dengan makanan sebagai salah satu bagian dari kegiatan amal pengumpulan makanan. Muhammad sangat gembira karena ia dapat ikut berkontribusi kepada sebuah masyarakat yang telah menerima Muhammad dengan begitu hangatnya.

“Tujuan hidupku adalah untuk menjadi orang yang berguna untuk rakyat. Ketika nanti aku kembali ke Indonesia, aku akan menggunakan pengalaman kegiatan sukarelawanku untuk mengumpulkan dana sumbangan bagi rakyat di negaraku,” tulis Muhammad dalam laporan esai fotonya untuk kegiatan ini.

Hingga bulan Februari lalu, Muhammad telah menghabiskan 45 jam waktunya secara suka rela untuk kegiatan-kegiatan sosial. Targetnya adalah untuk mencapai 100 jam kegiatan sukarela pada tahun ini. Setiap minggunya ia melakukan kegiatan sosial di Good Samaritan Center untuk melakukan kegiatan kebersihan sukarela berasama keluarga angkatnya, selain juga bergabung dalam banyak proyek-proyek amal lainnya.

Muhammad telah menjadi murid yang sangat teladan di SMA West Salem, dimana ia mendapatkan nilai A untuk semua mata pelajarannya, menjadi anggota tim sepak bola sekolah dan saat ini ia juga telah bergabung ke tim gulat sekolah itu. Lewat kegiatan Klub Bisnis di sekolahnya, Muhammad juga meluncurkan proyek untuk membuat perayaan Oktoberfest di daerahnya menjadi lebih ramah bagi keluarga. Muhammad juga gemar mendengarkan musik pada waktu luangnya dan bercita-cita untuk menjadi seorang dokter dan pengusaha di masa depan.

Koordinator lokal Muhammad, Sherry Kneifl, menyebutnya Muhammad sangat mengagumkan dan inspiratif  bagi masyarakatnya dan karena itu Muhammad bisa menjadi contoh teladan bagi adik angkatnya. Organisasi yang menempatkan Muhammad, ACES, baru-baru ini memberikan penghargaan kepadanya berupa sebuah beasiswa untuk ikut berpartisipasi dalam konferensi ‘Better Understanding for a Better World.”

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?62309

Untuk melihat artikel Pendidikan lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :