sawoDi Indonesia buah sawo cukup familiar sebagai salah satu buah khas nusantara. Warna dan bentuknya cukup khas, apalagi rasanya hmm… manis.  Bagi sebagian orang, buah sawo biasanya dimakan sebagai layaknya buah pada umumnya, tapi tahukah Anda sebenarnya buah berwarna cokelat ini bisa diambil khasiatnya, terutama untuk kesehatan rambut.

kecik sawoIngin tampilan rambut lebih indah dan terawat? Anda bisa memanfaatkan buah sawo sebagai bahan alaminya.  Kenapa buah sawo mampu menutrisi kulit kepala dan rambut? Sebenarnya yang digunakan bukan dagingnya melainkan bijinya. Di dalam cangkang biji sawo yang berwarna hitam ada biji sawo berwarna putih, ambil dan sangrai sebentar, lalu tumbuk/haluskan. Gunakan esktrak minyak biji sawo sebagai masker rambut

Berikut ini ada beberapa cara memanfaatkan buah sawo untuk perawatan rambut :

Menutrisi kulit kepala dan mempercepat pertumbuhan rambut

Biji buah sawo terdapat minyak yang bisa memberikan nutrisi yang cukup baik untuk kulit kepala. Hal ini memungkinkan juga membuat rambut lebih cepat tumbuh dan lebat.  Gunakan minyak biji sawo sebagai masker rambut, diamkan sebentar kemudian cuci sampai bersih. Lakukan perawatan ini rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Perawatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah rambut rontok.

Menghilangkan ketombe

Campuran minyak jarak dan minyak biji sawo juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah ketombe. Gunakan campuran kedua minyak tersebut di kepala yang berketombe, dan diamkan selama ½ hari (bisa digunakan menjelang tidur dan dibilas ke esokan harinya). Cuci dengan air bersih dan sampo. Rasakan perbedaannya rambut akan terasa lebih ringan dan tidak gatal lagi karena ketombe.

Pelembab alami rambut

Khasiat sawo untuk rambutMinyak biji sawo bisa dimanfaatkan untuk melembabkan dan melembutkan rambut. Rambut yang kering dapat terlihat lebih lembab. Untuk rambut kering, minyak biji sawo bisa digunakan setelah keramas. Cukup dengan mengoleskan sedikit minyak ke bagian rambut luar. Pemakaian ini dapat membuat rambut terlihat berkilau dan mudah diatur.

Selain untuk rambut, buah dan biji sawo juga bisa dimanfaatkan untuk beberapa penyembuhan diantaranya :

  • Sari dari biji sawo yang telah ditumbuh dapat digunakan untuk salep kulit. Sedang sisa tumbukannya dapat menyembuhkan kulit yang terluka dengan cara dibubuhkan di atas lukanya.
  • Getah dari sawo juga memiliki khasiat yaitu, dapat menghilangkan kutil dan mencegah tumbuhnya jamur kulit.
  • Sawo kaya akan antioksidan yang berfungsi mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel kulit dan memperlambat   penuaan dini.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?62285

Untuk melihat artikel Mode & Gaya lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :