logo top 10

  1. Bencana banjir yang melanda banyak daerah di Indonesia, diprediksi dapat memicu kenaikan sejumlah barang kebutuhan pokok masyarakat, baik sayuran maupun bahan pangan lainnya. Banjir tak hanya merendam sejumlah perkebunan tapi juga mengganggu arus distribusi bahan pangan dalam maupun antar daerah. Dampak banjir yang merata juga berpengaruh dengan kenaikan harga daging, ayam dan telur.
  2. Pemerintah memberikan bantuan dana pendidikan untuk para pelajar dan mahasiswa korban letusan Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Beasiswa akan diberikan setelah 7 Februari melalui Dinas Pendidikan Karo. Penerima dana bantuan disesuaikan dengan statusnya. Untuk 2.815 siswa SD masing-masing mendapatkan Rp 450.000, 2.052 siswa SMP Rp 750.000, 1.141 siswa SMA Rp 1 juta dan mahasiswa Rp 2,5 juta. Distribusi bantuan akan dilakukan menggunakan rekening (buku tabungan) yang difasilitasi BPD Sumut.
  3. Banjir yang melanda DKI Jakarta beberapa hari terakhir membuat 23 warga kehilangan nyawa. Tak hanya korban jiwa, bencana ini juga memaksa puluhan ribu warga DKI mengungsi. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, banjir melanda lima wilayah DKI Jakarta, yaitu Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara. Areal yang terdampak adalah 14 kecamatan, 29 kelurahan, 38.243 kepala keluarga (KK), 109.374 jiwa. “Saat ini jumlah pengungsi sebanyak 27.912 jiwa yang tersebar di 137 titik lokasi pengungsian. Jumlah korban jiwa sebanyak 23 orang meninggal dunia,” jelas Sutopo dalam keterangan pers Minggu 26 Januari 2014.
  4. Hasil pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Prakiraan BMKG, hujan belum mau berpaling dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) hingga masa puncak hujan berakhir pada akhir Februari nanti. Dengan kata lain, warga Jakarta khususnya harus tetap waspada dan siaga jika cuaca kembali buruk. Kepala Subbidang Informasi Meteorologi BMKG Hary Tirto Djadmiko mengatakan, sesuai prediksi BMKG, tren intensitas hujan di Jabodetabek mulai menurun. Namun bukan berarti tidak hujan, melainkan cuaca selama satu pekan ke depan akan didominasi hujan ringan hingga sedang secara merata. Hujan lebat hanya terjadi di beberapa tempat tertentu.
  5. Bencana banjir yang melanda di sekitar wilayah Pantia Utara Timur (Pantura) mengakibatkan sejumlah petani garam mengalami kerugian hingga miliaran rupiah. Sebab, banjir menyebabkan sejumlah tambak milik petani meluap dan air masuk ke gudang penyimpanan garam hasil petani. Akibatnya, puluhan hingga ribuan ton garam di gudang hasil kerja mereka selama berbulan-bulan rusak akibat banjir.
  6. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mencanangkan gerakan nasional keselamatan berlalu lintas di Bundaran Hotel Indonesia (26/1). Pada kegiatan pelopor keselamatan berlalu lintas itu juga dihadiri ratusan warga yang mendukung. Kegiatan Pencanangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas dilakukan guna mengantisipasi jumlah kecelakaan dalam berlalu lintas di Indonesia. Kegiatan terebut sekaligus menggugah kesadaran masyarakat saat berlalu lintas di jalan.
  7. Badan Anti Narkoba (BNN) mencanangkan tahun 2014 sebagai tahun penyelamatan pengguna narkoba agar masyarakat dan aparat penegak hukum dapat mengubah paradigma untuk menekan jumlah pengguna narkoba. BNN mencatat pengguna narkoba saat ini mencapai 4 juta orang, bahkan jumlah tersebut masih bisa terus meningkat. Pandangan masyarakat yang masih mengecap pengguna narkoba sebagai penjahat dan sampah masyarakat secara tidak langsung akan bukan mengurangi jumlah pengguna, melainkan akan menambah jumlah pengguna. Untuk itu BNN menempuh jalan rehabilitasi sebagai solusi dan bukan dengan menghukum fisik.
  8. Ratusan murid SDN I Sangkawangi, Banten terpaksa melaksanakan kegiatan belajar mengajar di tenda, pasalnya dua ruang kelas rubuh akibat hujan deras yang melanda.  Agar kegiatan belajar mengajar tidak terganggu, pihak sekolah mendirikan tenta sebagai sekolah darurat sementara. Kendati memprihatinkan, pelaksanaan belajar mengajar berjalan dengan baik tanpa hambatan, anak-anak tetap fokus belajar tanpa perduli dengan kondisi yang kurang nyaman. Pihak sekolah telah melaporkan kondisi tersebut ke Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak, dengan begitu besar harapannya sekolah bisa diperbaiki agar anak-anak bisa kembali belajar dengan nyaman.
  9. Setelah dua pekan terendam banjir, kini SDN 05 Bidaracina, Jatinegara mulai kembali melaksanakan kegiatan belajar mengajar (26/1). Pihak sekolah memberi kelonggaran bagi para siswa untuk mengenakan pakaian bebas atau tidak membawa buku pelajaran. Kelonggaran ini diberikan karena masih banyak murid yang rumahnya terendam banjir. Dari sekitar 411 siswa yang terdata di sekolah belum semuanya masuk, ini dikarenakan banyak siswa yang rumahnya masih terendam dan masih berada dipengungsian yang jaraknya cukup jauh dari sekolah sehingga belum bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar.
  10. Ratusan personel TNI Angkatan Darat dikerahkan untuk membantu korban gempa 6,5 SR di sejumlah wilayah kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah membongkar bangunan Masjid At Taqwa di Desa Krangan, Kecamatan Pekuncen yang roboh akibat gempa yang terjadi pada Sabtu (25/1). Tak hanya itu saja aparat yang diterjunkan juga ditugaskan untuk mengecek kondisi sekolah dan rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa. Berdasarkan data sementara dari BPBD Banyumas, jumlah rumah dan bangunan yang rusak akibat gempa 6,5 SR mencapai 151 unit.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?61426

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :