logo top 10

  1. Berdasarkan catatan Pusat Pengendalian dan Operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta, banjir menyebabkan 9 orang meninggal dunia. Ketua Seksi Informasi Pusdalops BPBD Jakarta, Bambang Surya Putra juga menyampaikan, hingga kini banjir masih merendam 97 keluarahan di Jakarta dengan 126.500 jiwa terdampak bencana, sedangkan pengungsi diperkirakan sebanyak 63.958 warga. Jakarta Timur masih menjadi wilayah terparah akibat banjir, dilaporkan sebanyak 22.228 warga mengungsi. Sampai saat ini Bambang belum dapat memastikan kapan banjir akan surut, pasalnya banjir yang melanda Ibukota tidak tergantung dengan cuaca di Jakarta, tetapi juga curah hujan di wilayah hulu seperti Bogor dan Depok.
  2. Ribuan masyarakat pendukung Joko Widodo mendeklarasikan diri bersatu dalam Sekretariat Nasional Jokowi, untuk memberikan dukungan agar Jokowi diusung menjadi presiden dalam pemilu 2014 mendatang. Deklarasi tersebut digelar dengan membuat pawai yang diikuti sekitar seribu masyarakat Jogja di sepanjang Malioboro. Dalam pawai tersebut para pendukung mengenakan topeng bergambarkan Jokowi dan menggelar pentas kesenian di sepanjang Malioboro.
  3. Demi keamanan dan keselamatan masyarakat PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang memutuskan aliran listrik dengan memadamkan pasokan dari gardu distribusi. Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Disjaya Roxy Swargerino mengatakan upaya ini dilakukan mengingat curah hujan di Ibukota yang semakin tinggi dan bahaya yang akan ditimbulkan oleh listrik saat air tergenang. Untuk itu pada Senin (20/1) masih terdapat 497 gardu listrik yang padam. Menurut Roxy, ada beberapa hal yang menyebabkan PLN memutuskan aliran listrik yaitu, pertama apabila rumah pelanggan banjir, kedua gardu distribusi PLN kebanjiran, ketiga gardu distribusi dan rumah pelanggan kebanjiran dan apabila gardu induk kebanjiran.
  4. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menuai kritik dan kecaman dari berbagai pihak karena lebih memilih mengurus partainya di Bali ditengah musibah banjir dan bencana alam di beberapa wilayah Indonesia. Langkah SBY dinilai tidak tepat dan kurang fokus memikirkan nasib rakyatnya yang terkena musibah. Hal tersebut langsung disanggah juru bicara Partai Demokrat, Ikhsan Modjo menegaskan Presiden SBY tetap memberikan perhatian terhadap masalah bencana alam yang menimpa Tanah Air. Dalam waktu dekat ia mengatakan SBY akan mengunjungi para pengungsi Sinabung dan banjir bandang Manado.
  5. Pemerintah Pusat didesak untuk menetapkan bencana meletusnya Gunung Sinabung, Sumatera Utara sebagai bencana nasional. Pasalnya, erupsi Gunung Sinabung telah berlangsung lebih dari empat bulan dan membutuhkan penanganan serius dari pemerintah. Permintaan bantuan dari pengungsi sudah menunjukan pemerintah daerah kewalahan menangani bencana Sinabung. Banyak pihak mendesak penetapan dipercepat tanpa harus menunggu presiden meninjau lokasi bencana.
  6. Banjir tidak hanya melanda Jakarta dan Manado. Puluhan rumah yang tersebar di 108 desa di Kabupaten Karawang, Jawa Barat pun terendam banjir akibat meluapnya sejumlah sungai di daerah tersebut. Dari data sementara Dinas Sosial dan Penggulangan Bencana setempat, banjir telah merendam sejumlah titik ruas jalan raya, 52 masjid, 11 sekolah, 25.092 rumah dan 8.282 areal sawah. Secara umum, banjir di Karawang terjadi akibat meluapnya sejumlah sungai besar seperti Sungai Citarum, Cibeet dan Cilamaya, sehingga mengalir ke pemukiman warga, jalan raya infrastruktur dan sarana publik.
  7. Akibat banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Sulawesi Utara, tercatat 19 orang meninggal dunia. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Penggulangan Bencana Daerah Sulut, Noldy Liow. Banjir bandang dan tanah longsor terjadi pada Rabu (15/1) di Manado, Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Kepualauan Singihe dan Kepulauan Sitaro.
  8. Banjir yang melanda sejumlah kawasan di Jabodetabek sejak Jumat (17/1) malam diperkirakan membuat pelaku industri mengalami kerugian hingga puluhan miliar rupiah. Kerugian disebabkan karena target produksi tidak tercapai dan kendala distribusi bahan baku maupun barang jadi. Produksi tidak sesuai target lantaran banyak pegawai yang rumahnya kebanjiran sehingga tidak bisa masuk kerja. Sementara bagi karyawan yang tidak kebanjiran terkendala karena sulit mengakses jalan menuju pabrik. Sementara itu distribusi barang terganggu karena banjir terjadi di jalur-jalur menuju pabrik dan pelabuhan sehingga pasokan bahan baku dan barang jadi terhambat. Banjir terjadi di sekitar Tanggerang, Jakarta, Marunda, Bekasi, Cikarang dan Karawang yang menjadi lokasi industri.
  9. Banjir juga terjadi di Subang, Jawa Barat yang menyebabkan 13 kecamatan yang dihuni puluhan ribu warga terendam dan melumpuhkan jalur utama Pantura. Akibatnya aktivitas warga termasuk kegiatan belajar mengajar di sejumlah sekolah terpaksa diliburkan. Akibat banjir, banyak sekolah mengeluarkan kebijakan darurat yaitu meliburkan anak-anak sampai banjir menyusut. Dari 13 kecamatan yang banjir, sekolah yang paling banyak terendam terdapat di Kecamatan Pamanukan.
  10. Seni bela diri pencak silat dalam waktu dekat ini akan didaftarkan ke Unesco sebagai warisan budaya tak benda. Rencana tersebut sebagai salah satu langkah melestarikan budaya Tanah Air dan mencegah klaim negara lain. Untuk melancarkan langkah tersebut dalam waktu dekat akan digelar Festival Pencak Silat pada 16 Februari mendatang di Kiarapayung Jatinangor Kabupaten Sumedang. Acara ini sekaigus akan dicatatkan pada rekor Muri, dengan menampilkan 10.000 pesilat dari seluruh Indonesia.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?61185

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :