ondel-ondel raksasaSepasang Ondel-ondel yang masing-masingnya memiliki tinggi 9,5 meter dan berat 1,5 ton akan jadi pajangan baru di Jakarta. Ikon kebudayaan Betawi ini akan dipajang di kawasan bekas bandara, yaitu di Jl. Benyamin Sueb, Jakarta Pusat. Pembuatan dan pemasangan patung melibatkan sejumlah seniman dan budayan Betawi.

Tak hanya ingin menampilkan ciri khas Betawi, sepasang Ondel-ondel sengaja dipajang agar masyarakat lebih dekat dan mengenal ondel-ondel. Pasalnya selama ini masyarakat hanya mengenal ondel-ondel sebagai topeng yang terlihat seram. Namun setelah dilakukan pengkajian dan konsultasi dengan para budayawan, ternyata ondel-ondel bukanlah sekedar patung/topeng melainkan orang. “Selama ini kita tahu Ondel-ondel itu topeng yang terlihat seram, ternyata salah, karena ondel-ondel itu sebenarnya orang” papar Jul Hendri, Seniman Betawi yang turut terlibat.

Ondel-ondel raksasa  berbahan fiber yang didirikan oleh Pusat Pengelolahan Komplek Kemayoran (PPKK)  itu masih dalam pengerjaan. Ditargetkan pada akhir Desember ondel-ondel sudah terpasang rapi dan masyarakat sudah bisa menikmatinya sebagai karya seni unik khas Betawi.

Disampaikan Ali salah satu Humas PPKK, diharapkan dengan hadirnya dua Ondel-ondel raksasa di kawasan Kemayoran, masyarakat tidak hanya mengenal Kemayoran dengan Pekan Raya Jakarta  (PRJ) saja. “Selama ini Kemayoran terkenal dengan PRJ-nya, untuk kedepannya masyarakat juga diharapkan mengenal Ondel-ondel raksasa, karena nantinya juga akan menjadi ikon Kota Jakarta yang ada di Kemayoran” ungkapnya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?60745

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Hosana