Logo Lomba Cipta lagu betawiMengembangkan minat generasi muda, Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) menggelar lomba cipta lagu Betawi. Langkah ini sekaligus sebagai salah satu cara mengajak generasi muda untuk kreatif dan melestarikan budaya Betawi khususnya dalam bidang seni musik.

PAPPRI menggundang dan mengajak seluruh pemuda Indonesia untuk ikut dalam ajang Lomba Cipta Lagu Betawi. Disampaikan Ketua DPD PAPPRI DKI Jakarta, Ayu Soraya, kegiatan ini bertujuan tidak hanya untuk melestarikan budaya Betawi tetapi juga mencari bakat dan kreatifitas generasi muda yang perduli terhadap seni dan budaya Betawi, pasalnya sejak meninggalnya seniman Benyamin Sueb, sudah jarang ada pecipta lagu Betawi, bahkan mungkin tidak ada lagi penerusnya. Benyamin S adalah musisi legendaris Betawi, karya-karyanya sampai saat ini masih terus dikenang. Selama karirnya ia telah menghasilkan kurang lebih 75 album, dan semua laris dipasaran.

Berangkat dari keprihatinan tersebut, keinginan memajukan musik Betawi terutama mengenalkan pada generasi muda semakin giat dilakukan. “Kita ingin budaya Betawi tetap lestari. Salah satunya lewat seni suara dan musik. Kami ingin memunculkan pencipta-pecipta muda yang kreatif seperti pendahulunya Bang Benyamin masa dulu” papar Ayu.

Lomba cipta lagu betawi ini terbuka untuk umum dan peserta yang ingin berpartisipasi boleh mengirimkan materi lagu sebanyak tiga lagu. Disampaikan Roro Rachmawati selaku panitia pelaksana, peserta bebas memilih genre musik, namun dianjurkan materi lagu dibuat semenarik mungkin agar menghibur. Roro menambahkan sampai saat ini pendaftaran sudah mencapai 100 peserta, dan tengah diseleksi oleh para juri. “Pokoknya lagunya yang bersifat menghibur dan tidak menyinggung SARA” kata Roro.

Setelah melewati proses seleksi, peserta yang lolos akan diadu lagi penampilannya pada final yang akan digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta Pusat pada 17 Desember mendatang. Pemenang lomba akan mendapatkan hadiah uang tunai juga piala tetap dari Gubernur dan piala PAPPRI DKI Jakarta.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?60426

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

th_Alan180x180copy