ilustrasi- sanggar

Tingkat kenakalan remaja yang terjadi di Ibu Kota Jakarta terus meningkat. Tawuran antar sekolah dan berbagai kenakalan lainnya terus menjadi perhatian Pemprov DKI Jakarta, untuk itu Pemprov DKI merasa perlu ikut campur tangan untuk mengatasi kenakalan generasi muda.

Kenakalan remaja dianggap sebagai fenomena biasa, namun jika kenakalan tersebut sudah merugikan orang lain tentunya harus ditindak. Setelah menguji dan memberlakukan ‘jam malam anak’ di beberapa RW di Jakarta, kini Pemprov merasa perlu menggalakkan sanggar atau komunitas seni sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan potensi generasi muda di Jakarta.

Disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Arie Budiman, anak-anak memerlukan ruang interaktif sebagai wadah untuk menyalurkan kreatifitas mereka ke arah yang positif. Untuk itu mulai tahun depan Disparbud akan membuka outlet-outlet seni budaya di balai latihan kesenian kelurahan yang ada di 5 wilayah Jakarta

“Tawuran dan berbagai kenakalan anak-anak bisa diminimalis atau dihilangkan dengan pendekatan melalui kegiatan seni dan budaya bagi anak-anak. Kita ingin menciptakan Jakarta lebih baik melalui anak-anak,” paparnya.

Gerakan kebudayaan bagi remaja ini nantinya juga akan menjadi wadah pembinaan bagi anak-anak jalanan dan anak-anak putus sekolah, dimana mereka akan dibina dan diberdayakan untuk belajar seni dan budaya. Program remaja ini terinspiarasi dari Sangar Anak Akar yang ada di Jakarta Timur. Sanggar yang berdiri sejak tahun 1990 telah banyak membina dan memberdayakan anak-anak untuk belajar seni dan budaya.

“Anak-anak bisa tumbuh mandiri dan mampu berkreasi dengan positif. Ini akan menjadi modal bagi Disparbud” jelasnya.

Lebih lanjut Arie mengajak remaja Jakarta khususnya untuk turut mensukseskan program ini demi menciptakan Jakarta lebih baik. “Saya pesan silakan datang ke Sanggar Anak Akar, karena ini akan kita jadikan model yang akan kita kembangkan. Anak-anak harus punya ruang untuk berekspresi, berkarya dan punya panggung untuk tampil” paparnya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?60130

Untuk melihat artikel Pendidikan lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :