banjir

Banjir masih akan mengancam sebagian wilayah Jakarta, hal tersebut pun tak dipungkiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja. Meski Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah sibuk merancang program penanggulangan banjir Jakarta, diakui Ahok sapaan akrabnya, Jakarta masih belum bisa terbebas dari ancaman banjir. Selain debit hujan yang tinggi, beberapa hambatan seperti belum selesainya program penganggulangan banjir yaitu normalisasi sungai dam waduk di Jakarta, kerusakan lingkungan hulu ( Puncak, Bogor, Depok) juga menjadi faktor terjadinya banjir di Ibu Kota.

Menurut Ahok, Jakarta baru bisa terbebas dari banjir apabila program normalisasi sungai-sungai di Jakarta selesai. Namun sayangnya sampai saat ini Dinas Pekerjaan Umum (DPU) DKI masih belum bisa menuntaskannya. Ia menambahkan kurangnya ruang terbuka hijau di hulu ( Puncak, Bogor, Depok) masih mempersulit upaya pencegahan banjir di Jakarta.

Dari laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jakarta akan diguyur hujan pada Januari hingga Februari 2014. Untuk memimalis terjadinya banjir, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan melakukan kerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk merekayasa cuaca, yaitu mengalihkan hujan ke arah laut. Diharapkan langkah ini dapat mengurangi intensitas hujan, sehingga puncak musim hujan terlewati.

Kendati melakukan beberapa upaya untuk meminimalis terjadinya banjir Jakarta, Ahok tak lantas mengandalkan program, pasalnya ia menilai segala kebutuhan tanggap bencana banjir harus dipersiapkan. Untuk itu ia memerintahkan setiap RW rawan banjir untuk mempersiapkan segala kebutuhan penting jika kemungkinan terburuknya banjir terjadi lagi di Jakarta.

“Kita intruksikan persiapan makanan, WC, dan air bersih di tiap RW rawan banjir. Itu jauh lebih penting” paparnya

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?60120

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

asuransi-Kesehatan