logo top 10

  1. Keputusan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang telah menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2014 sebesar Rp 2,4 juta perbulan terus mendapat tantangan dari organisasi buruh. Perlawanan tersebut akan dibuktikan buruh dengan melakukan mogok daerah mulai Senin (18/11) hingga puncaknya 26 November. Hal ini disampaikan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KPSI) Said Iqbal yang mengatakan buruh akan melakukan pemogokan sesuai prosedur Undang-Undang di masing-masing wilayah kerja buruh. Mogok daerah akan berlangsung di Bogor, Bandung, Purwakarta, Bekasi, Sidoarjo, Mojokerto, Pasuruan, Surabaya, Batam dan lainnya. Sasaran utama aksi ini adalah kantor Bupati dan Walikota. Aksi di Jakarta, mogok daerah ini dilakukan untuk mendesak Jokowi agar menaikan besaran UMP DKI Jakarta sebesar Rp 3 juta.
  2. Pemprov DKI segera mengajukan peningkatan nilai pajak progresif kendaraan di Ibukota. Gubernur DKI Jakarta Jokowi yakin kebijakan penerapan pajak progresif kendaraan membantu mengurangi kemacetan di ibukota. Pasalnya, kebijakan serupa di negara tetangga telah dilakukan untuk mengurangi kemacetan dan dianggap cukup teruji. Berdasarkan data catatan Pemprov DKI pertumbuhan jumlah kendaran pada 2013 mencapai 1,2 juta unit. Program ini masih terus diuji, Jokowi mengaku pihaknya masih mengkalkulasi besaran pajak progresif yang akan diterapkan setiap pembelian kendaraan lebih dari 1 unit. “Lihat saja, ini masih dihitung berapa sih pajak yang mau kita kenakan” tegas Jokowi.
  3. Bank Indonesia (BI) akan mengeluarkan uang kertas baru dengan nama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini disampaikan Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Wass. Uang NKRI akan dikeluarkan bertepatan dengan HUT RI ke 69 pada Agustus tahun depan. Bersamaan dengan keluarnya uang NKRI, BI akan melakukan penarikan uang lama secara bertahap. Menurut Ronald, uang NKRI akan memiliki frase atau tulisan Negara Republik Indonesia, berbahan dasar kertas dan memiliki dua tandatangan yakni tanda tangan Gubernur BI dan Menteri Keuangan.
  4. Gunung Merapi kembali meletus pada Senin (18/11) sekitar pukul 04.00 hingga 05.00 WIB. Letusan terdengar sebanyak tiga kali dan mengeluarkan lava pijar. Antisipasi bencana sebagian warga telah diungsikan ke tempat yang lebih aman.
  5. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan bertindak tegas kepada warga yang melanggar Perda Nomor 3/2013 tentang Pengelolaan Sampah. Warga yang buang sampah sembarangan kena sanksi sebesar Rp500 ribu untuk perseorangan dan Rp50 juta untuk korporasi atau kurungan maksimal enam bulan.
    Pemprov DKI akan mengerahkan aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berpakaian preman guna mengawasi masyarakat yang buang sampah sembarangan. Petugas yang menemukan pelanggaran langsung bertindak. Tindakan pertama hanya akan ditegur. Namun, jika masih membandel, warga maupun korporasi tersebut akan dikenakan denda maksimal sesuai dengan Perda.
  6. Untuk mengundang minat wisatawan Pemprov DKI Jakarta telah banyak melakukan berbagai hal. Salah satunya yang akan digelar adalah Festival Agung Keraton Sedunia atau The World Royal Heritage Festival. Festival ini diadakan 5-8 Desember dan dipusatkan di kawasan Monumen Nasional (Monas). Festival menghadirkan pawai pasukan kerajaan di seluruh dunia, termasuk dari Kerajaan Belanda dan Inggris. Deputi Gubernur DKI bidang Pariwisata dan Kebudayaan Sylviana Murni Festival Agung Keraton Sedunia akan disaksikan seluruh warga Jakarta serta turis baik lokal maupun mancanegara. Selain pawai, pasukan kerajaan dari berbagai negara akan menampilkan kebudayaannya masing-masing, termasuk pameran pusaka, wisata kuliner dari seluruh dunia.
  7. Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara, kembali erupsi (17/11). Tinggi asap akibat letusan mencapai 2.000 meter. Kondisi ini membuat pengungsi terus bertambah menjadi 6.155 jiwa dari desa yang tidak direkomendasikan sebelumnya. Pusat Vulkanologi dan Migitasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, sebanyak 1.902 kepala keluarga tersebar di 16 titik pengungsian. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho yang mengatakan terjadinya jumlah pengungsi dari desa yang tidak direkomendasi PVMBG, karena banyak warga mengeluh ketakutan akan dampak erupsi Sinabung.
  8. Sebagai langkah melindungi pelajar dari dampak negatif telepon selular (ponsel), Dinas Pendidikan DKI Jakarta mengeluarkan kebijakan melarang para siswa membawa ponsel selama mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Kebijakan ini telah diintruksikan kepada kepala sekolah di DKI Jakarta untuk disosialisasikan pada siswa didik. Sebagai gantinya, pihak sekolah akan menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai guna mendukung kegiatan para siswa. Kebijakan tersebut dikeluarkan untuk mencegah terulangnya pembuatan video porno seperti yang terjadi di SMA 4 Jakarta. Gubernur dan beberapa instasi pendidikan mengapreasiasi langkah ini, meski polemik terus bermunculan di kalangan pelajar dan orangtua.
  9. Tornado mengancam Chicago, kota bagian Illonis, Amerika Serikat pada Minggu (17/11). Angin kencang disertai hujan lebat dan petir membuat National Weater Service memberlakukan peringatan ‘awas tornado’ untuk semua daerah Metropolitas Chicago sampai pukul 14.00 waktu setempat. Cuaca ekstrem terjadi di 26 negara bagian AS. Akibat tornado, dilaporkan lima orang tewas, dan puluhan orang dirawat karena luka-luka.
  10. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisata mancanegara (wisman) ke Indonesia pada September 2013 mencapai 770.900 orang. Jumlah kunjungan ini naik 12,77 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya 683.600 orang. Namun jika dibandingkan dengan Agustus 2013 jumlah ini menurun 0,02 persen.Kepala BPS, Suryamin, mengatakan, tingginya jumlah wisman ini terjadi karena banyaknya agenda dan program yang dijalankan Kementerian dan Lembaga melibatkan warga luar negeri. Banyaknya event internasional di Indonesia akhir-akhir ini, juga menjadi salah satu faktornya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?59890

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :