Top 10 Berita

  1. Lagi, buruh menggelar aksi demonstrasi untuk menuntut penetapan upah minimum provinsi (UMP) 2014. Aksi kali ini buruh yang tergabung dalam Konsolidasi Nasional Gerakan Buruh (KBGB) menggelar mogok nasional yang dimulai pada Senin (28/10). Tidak hanya di Jabodetabek, aksi buruh juga digelar di Bandung Raya. Lebih dari 50 ribu buruh akan berkumpul di Kantor Walikota Cimahi dan Bupati Bandung Barat. di Kerawang, sekitar 3.000 buruh menggelar aksi konvoi dan konsolidasi di Gor Kerawang. Beberapa daerah pun melakukan aksi yang sama. Rencananya aksi mogok nasional akan digelar pada 31 Oktober – 1 November serentak di seluruh Indonesia.
  2. Banjir kembali menyambangi Jakarta, tepatnya di wilayah Kampung Melayu, Jakarta Timur. Banjir yang disebabkan meluapnya sungai Ciliwung akibat curah hujan tinggi di Bogor, Jawa Barat. Banjir setinggi 30-100 centimeter menggenangi 32 RT di Kampung Melayu sejak pukul 02.00 dini hari. Meski tergenang air dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tidak ada warga yang mengungsi, sebab warga masih bertahan di rumah masing-masing.
  3. Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober, Museum Sumpah Pemuda akan memutar film kartun pertama bertajuk Sumpah Pemuda di Aula Museum. Film kartun buatan museum ini mengisahkan profil museum, pembacaan naskah Sumpah Pemuda dan sejarah lahirnya Indonesia Raya yang diciptakan W.R Soepratman. Tujuan diputarnya film kartun ini, adalah untuk mempermudah anak-anak menyerap dan terus mengingat sejarah bangsa.
  4. Pemprov DKI Jakarta siap menerbitkan peraturan daerah tentang sampah, dimana peraturan ini akan menindak warga Jakarta yang kerap membuang sampah sembarangan. Rancangan perda tentang persampahan ini telah diajukan ke Banda Legislasi Daerah. Jika nanti disahkan, akan ada sanksi yang diterapkan apabila ada warga yang kedapatan membuang sampah di jalanan, sungai, jalur hijau dan sarana umum lainnya, yaitu akan dikenakan pidana maksimal 60 hari atau denda maksimal Rp 2juta. Dalam perda tersebut juga diatur kewajiban penggunaan kantong dan kemasan plastik ramah lingkungan.
  5. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menegaskan, bahwa Upah Minimum Provinsi (UMP) 2014 akan ditetapkan pada 1 November mendatang. Adapun hal tersebut akan diumumkan oleh masing-masing Gubernur di seluruh Indonesia secara serentak. Penetapan UMP yang ditetapkan oleh Gubernur berlaku terhitung mulai tanggal 1 Januari 2014. Peninjauan kembali besaran upah minimum akan dilakukan satu tahun sekali.
  6. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan bekerja sama dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo guna mengatasi sampah Jakarta. Wacana  tentang sampah Jakarta bisa dimanfaatkan sampah menjadi pembangkit listrik akan segera direalisasikan. Selain Jakarta kota-kota besar seperti Bandung, Surabaya, Semarang, Denpasar juga akan diarahkan agar memanfaatkan sampah sebagai energi baru pembuat listrik.  Pembangkit listrik berbasis biomassa melalui sampah diharapkan menjadi salah satu solusi baik untuk menciptakan ‘kota bersih’.
  7. Memperingati Hari Sumpah Pemuda, sekitar 500 pemuda dari berbagai unsur membentangkan bendera merah putih sepanjang satu kilometer di Pantai Hamadi, Kota Jayapura, Papua (28/10). Acara yang diprakasai oleh Ketua Lembaga Musyawarah Adat Papua ini diharapkan menjadi salah satu momentum bangkitnya pemuda Indonesia dan menjadi pemersatu bangsa.
  8. Komjen Pol Suratman resmi dilantik menjadi Kapolri baru menggantikan Jenderal Timur Pradopo. Pelantikan digelar di Istana Negara, (25/10) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang disaksikan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. Pria kelahiran Sukoharho ini merupakan alumnus Akpol angkatan 1981. Karirnya melejit setelah menjadi ajudan mantan Presiden Abdurrahman Wahid. Sebelumnya Suratman juga menjabat sebagai Kapolwitabes Surabaya, Kapolda Kepri, Kaselapa Lemdiklat Polri, Kapolda Jabar, Kapolda Metro Jaya dan Kabareskrim Mabes Polri.
  9. Pemerintah mengimbau para peneliti dan ilmuwan agar menggunakan bahasa Indonesia dalam jurnal-jurnal penelitian internasional. Hal itu dilakukan sebagai bagian kecil dari upaya menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional. Hal ini disampaikan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Mahsun. Ia meminta para peneliti dan ilmuwan untuk menggunakan bahasa Indonesia dalam jurnal-jurnal internasionalnya. Pasalnya melalui jurnal internasional, karya-karya peneliti yang berbahasa Indonesia akan dibaca bahkan menjadi referensi bagi kalangan akademis di luar negeri sehingga secara tidak langsung akan mendorong masyarakat internasional untuk mempelajari bahasa Indonesia.
  10. Di Malang, peringatan Hari Sumpah Pemuda diramaikan dengan aksi unjuk rasa oleh ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Aksi massa menyuarakan penolakan terhadap investor asing yang dinilai merugikan rakyat dan hanya mengambil keuntungan negara. Dalam aksinya berbagai poster dan spanduk bertulisakan protes terhadap pemerintah dan pemuda dibentangkan.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?59622

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :