gigi

Selain menjaga kebersihan gigi, hal yang perlu kita lakukan adalah menjaga warna putih alami gigi tetap terjaga. Namun memang ada beberapa hal yang membuat gigi tak lagi putih karena pudar warna aslinya. Gaya hidup dan perawatan yang tak seimbang menjadi alasan kenapa gigi jadi kuning. Mau tahu lebih banyak mengapa gigi jadi berwarna kekuningan? Berikut beberapa faktor penyebabnya

1. Kopi dan Teh

Minuman dengan warna pekat bisa menggempur lapisan gigi, sehingga bisa membuat gigi kita berwarna kekuningan. Mungkin kopi dan teh adalah minuman favorit Anda, namun sebaiknya jangan meminumnya setiap hari. Beri jeda 2-3 hari dan bersihkan gigi secara teratur.

2. Warna Dasar Gigi

Makanan dan minuman belum tentu menjadi masalah di gigi Anda. Bisa jadi warna putih di gigi Anda bukanlah warna putih bersih. Masing-masing orang memiliki warna dasar gigi yang berbeda. Ada yang pada dasarnya memiliki gigi putih, namun ada juga yang tidak. Warna gigi ini dipengaruhi oleh pembentukan tulang, yang pada dasarnya memiliki genetika yang berbeda.

3. Pengaruh Bahan Kimia dan Obat-Obatan

Beberapa bahan kimia yang terkandung pada obat yang biasa kita konsumsi adakalanya menyebabkan gigi menguning. Bagian yang ini mungkin tidak bisa dihindari, karena beberapa orang tergantung pada obat-obatan tertentu untuk membantu kesembuhannya.

4. Kebiasaan merokok

Ingin gigi lebih terawat, kurangi, bahkan berhentilah merokok. Nikotin membawa pengaruh yang sangat buruk bagi gigi. Hampir semua perokok mustahil memiliki gigi putih. Rata-rata dari mereka selalu memiliki gigi kecoklatan, berkerak dan bahkan mulai rontok. Ternyata nikotin pada rokok tak hanya jahat pada jantung dan paru-paru, efek pada gigipun sangat buruk.

5. Usia

Hal lain yang bisa mempengaruhi adalah usia. Memang hal ini tak terelakkan, namun Anda bisa melakukan pencegahan dengan melakukan perawatan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Periksalah rutin ke dokter gigi dan mulailah gaya hidup sehat.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?59611

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :

dr.andriani