MSG

Monosodium glutama atau MSG  merupakan aditif makanan yang umum digunakan sebagai penyedap rasa. MSG adalah asam glutamat yang diproduksi dari fermentasi tetes tebu dan pati makanan. Sebenarnya sudah banyak yang tahu tentang penggunaan MSG berlebihan bisa berdampak bagi kesehatan, namun sayangnya penyedap masakan itu masih saja digunakan, dengan alasan masakan kurang sedap jika tidak dipakai MSG.

Umumnya konsumsi MSG berlebihan dapat mengakibatkan efek samping seperti sakit kepala, mual, nyeri dada, denyut jantung cepat mengantuk, bahkan bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Meskipun belum ada penelitian yang membuktikannya, namun MSG diduga kuat dapat menimbulkan dampak kurang sehat.

Tidak dipungkiri memang, MSG bisa melezatkan makanan, tapi sebenarnya tanpa MSG makanan pun bisa tetap lezat. Ada banyak bumbu dapur dan bahan baku yang secara alami dapat membuat masakan semakin lezat. Tanpa penyedap buatan yang menimbulkan risiko dan efek samping.

Penyedap alami bisa didapatkan dari bumbu-bumbu berikut ini. Lebih sehat, aman dan lezat :

Bawang putih

Haluskan bawang putih, lalu tumis hingga harum dan masukkan bahan-bahan masakan yang lainnya. Selain dengan dihaluskan, bawang putih juga bisa digunakan sebagai penyedap dengan cara dimemarkan lalu ditumis hingga layu. Rasa gurih dan bau harumnyalah yang dapat menyedapkan masakan.

Udang kering atau ebi

Udang ebi mengandung rasa gurih yang dapat dimanfaatkan sebagai penyedap rasa. Ebi mudah didapatkan, dan tidak perlu terlalu banyak penggunaannya. Haluskan ebi atau masukan saja ebi utuh ke dalam masakan. Ebi enak digunakan untuk masakan tumis, sayur bersantan seperti lodeh, dan sambal goreng.

Kaldu ayam atau sapi

Untuk membuat kaldu sangatlah mudah. Cukup rebus daging atau tulang-belulang dan tambahkan sedikit bumbu rempah untuk membuat rasa semakin sedap. Air rebusan itulah yang digunakan untuk lebih menyedapkan rasa masakan Anda. Penyedap ini sangat cocok untuk berbagai macam masakan. Bisa untuk masakan sop, gulai, soto.

Gula pasir

Dengan kadar yang cukup dan tidak berlebihan, gula dapat memberikan rasa gurih pada masakan. Mungkin sudah banyak ibu-ibu yang telah menggunakan gula ini sebagai pengganti MSG. Tapi ingat, jangan menambahkan gula terlalu banyak karena makanan Anda justru akan menjadi manis.

Memberikan asupan sehat untuk keluarga adalah salah satu bukti kecintaan ibu bagi keluarganya. Tanpa penyedap buatan makanan bisa disajikan sehat, lezat dan tanpa efek samping. Selamat mencoba.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?59340

Untuk melihat artikel Sana-Sini lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
____________________________________________

Supported by :

Asuransi Kesehatan