Top 10 Berita

  1. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi (Menparekraf) mengajukan empat kota di Indonesia kepada Unesco untuk mendapatkan status sebagai kota kreatif. Keempat kota tersebut adalah Solo, Yogyakarta, Pekalongan dan Bandung. Kota Solo dengan Bandung diajukan sebagai Kota Kreatif berbasis desain, sedangkan Yogyakarta dan Pekalongan berbasis kriya dan kesenian rakyat. Menparekraf menjelaskan status itu bermanfaat mendorong suatu kota makin berkembang kepariwisataannya, dan untuk menarik turis agar lebih banyak.
  2. Dinas Kebersihan DKI Jakarta mengerahkan kapal pengangkut sampah untuk membersihkan sampah di permukaan beberapa waduk, situ dan sungai. Sekitar 20 kapal dengan 15 daya kuda akan dikerahkan pada Desember mendatang. Tak hanya sampah, tapi tanaman enceng gondok yang tumbuh dipermukaan sungai juga akan diangkut. Target Januari 2014, sampah dan tanaman eceng gondok sudah bersih, sehingga tidak ada lagi tempat kumuh yang bisa menyebabkan banjir Jakarta.
  3. Tim nasional Indonesia keluar sebagai juara Piala AFF U-19 setelah di final berhasil mengalahkan Vietnam. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (22/9/2013), Garuda Muda menaklukkan Vietnam lewat adu penalti. Setelah lebih 20 tahun Indonesia paceklik gelar di ajang sepakbola Internasional, timnas Garuda Muda akhirnya memanen gelar yang dinantikan semua rakyat Indonesia.
  4. Wacana mobil murah yang akan direalisasikan pemerintah bersama industri otomotif menuai kecaman dari banyak kalangan. Mobil murah dinilai bukan menjadi solusi bagi masyarakat. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dengan tegas menolak kebijakan mobil murah, pasalnya kebijakan tersebut dapat mengancam program Jokowi dalam mengatasi kemacetan, karena bukan mustahil dengan harga mobil murah minat masyarakat semakin tinggi sehingga dapat menyebabkan kemacetan yang lebih parah. Pemerintah beralasan, mobil murah akan bisa memberikan banyak keuntungan, diantaranya mobil dapat dibeli dengan harga terjangkau, hemat energi dan ramah lingkungan. Pro kotra ini masih terus bergulir dan belum menemukan kesepakatan.
  5. Tol Nusa Dua-Ngurah Rai- Tanjung Banoa, Bali resmi dibuka untuk umum oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Meski sudah mulai beroprasi, pengelola jalan tol belum memunggut tarif bagi masyarakat yang ingin melintasinya.  Jalur tol tesebut dilengkapi dengan lajur sepeda motor. Sebagaimana jalan di atas laut lainnya, Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai- Benoa itu juga dilengkapi dengan pengukur kecepatan angin. Hal itu sangat diperlukan untuk menjaga keselamatan pengguna jalan tol terutama para pengendara sepeda motor. Selama masa uji coba, pengguna jalan tol dihimbau untuk mematuhi rambu agar terjaga keselamatan dan kenyamanannya.
  6. Lebih dari 4000 pengungsi letusan Gunung Sinabung masih bertahan di 12 titik pengungsian. Kondisi Gunung Sinabung dalam empat hari terakhir mulai menurun, namun pengungsi masih belum berani kembali ke rumah masing-masing. PVMBG Badan Geologi telah menetapkan radius tiga kilometer, khususnya di kawasan rawan bencana III belum boleh ada aktivitas masyarakat.  Ada lima desa yang warganya terpaksa harus mengungsi, yaitu Desa Simacem, Bekerah, Sigarang-garang, Kutanggung dan Sukameriah. Pemerintah melalui Kementerian Sosial terus menyalurkan bantuan untuk para pengungsi, baik makanan maupun pelengkapan untuk para pengungsi.
  7. Ribuan massa yang mengatasnamakan buruh BUMN yang tergabung dalam Gerakan Bersama Buruh di Persahaan BUMN (Geber BUMN) menggelar aksi unjuk rasa di beberapa lokasi di Jakarta. Aksi ini dilakukan sebagai upaya untuk menuntut penghapusan sistem kerja outsourscing menjadi karyawan tetap perusahaan BUMN. Mereka menuntut para pekerja agar segera diangkat bukan malah diPHK. Jika tuntutan ini tidak ditanggapi secepatnya, maka para Geber BUMN mengancam akan melakukan aksi mogok kerja di daerah-daerah dan melakukan mogok nasional di seluruh perusahaan BUMN.
  8. Selain buruh BUMN, unjuk rasa juga dilakukan massa yang mengatasnamakan Koalisi untuk Kesejahteraan TNI POLRI (KITRA), mereka menggelar aksi di Bundaran HI (23/9). Aksi untuk menuntut pemerintah SBY-Boediono agar menetapkan gaji yang layak bagi para anggota TNI-Polri. Massa membawa ondel-ondel dan sejumlah atribut seperti spanduk dan poster yang bertuliskan tuntutan kepada pemerintah.
  9. Solidaritas Perempuan (SP) menuntut pemerintah segera melakukan revisi Undang-Undang (UU) Nomor 39 tahun 2004, mengenai Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Pemerintah dinilai lamban dalam menangani masalah buruh migran di luar negeri, pasalnya beberapa kasus yang dihadapi buruh migran banyak yang belum ditanggapi pemerintah karena UU Nomor 39 tahun 2004 belum direvisi.
  10. KTT APEC sebentar lagi digelar di Bali. Tidak ingin menghilangkan kesan Pulau Dewata, pada acara nanti, panitia telah mempersiapkan sebuah tanda mata untuk kenang-kenangan berupa sovenir patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) untuk para kepala negara dari 21 negara. Patung CWK dipilih karena memiliki filosofi tinggi yang khas sebagai ikon budaya Bali. Rencananya tanda mata tersebut akan diberikan langsung oleh Presiden SBY kepada kepala negara. Dipastikan dari 21 kepala negara yang hadir salah satunya adalah Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?58864

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :