Taman Nasional Komodo yang memukau.

Taman Nasional Komodo yang memukau.

 

Organisasi New7Wonders menganugerahkan Pulau Komodo sebagai 1 dari 7 Keajaiban Alam Warisan Dunia. Dalam rangka melepas Sail Komodo 2013, Presiden SBY dan Ibu Ani menghadiri acara inagurasi Pulau Komodo tersebut yang acaranya dipusatkan di Taman Nasional Komodo (TNK), NTT pada 13 September lalu.  

Indonesia memiliki daya tarik luar biasa dari sudut keindahan alam maupun ragam budayanya. Bila dulu orang asing mengenal Indonesia sebagai Bali, Pulau Dewata, kini mereka baru memahami kalau Indonesia itu negara dengan seribu pulau yang cantik, kaya seni budaya dan keindahan alam bak mutu manikam.

Presiden SBY didampingi Ibu Negara,  menghadiri inagurasi Pulau Komodo sebagai  1 dari 7 Keajaiban Dunia.

Presiden SBY didampingi Ibu Negara, menghadiri inagurasi Pulau Komodo sebagai 1 dari 7 Keajaiban Dunia.

Satu lagi kekayaan Indonesia, yaitu Pulau Komodo, yang diakui dunia sebagai 1 dari 7 Keajaiban Alam Warisan Dunia. Pulau Komodo terletak di daerah Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di sini terdapat komodo, satu-satunya hewan purba di dunia sejak 40 juta tahun lalu, tapi mampu bertahan meski telah berabad-abad lamanya melalui 33 perubahan iklim. Dari penelitian didapat, komodo di sana sejumlah 4.000 ekor. Tiap satu ekor komodo betina bisa menghasilkan 30 telur.

Menyaksikan pemberian makan komodo.

Menyaksikan pemberian makan komodo.

Bernard Weber menyatakan kekagumannya pada TNK yang memiliki daya tarik keindahan selain yang dipunyai Bali. Pelestarian komodo, satu-satunya  hewan langka di dunia, tak lain berkat sumbangsing masyarakat di Pulau Komodo sendiri. Demikian disampaikan Weber pada 11 September 2013 lalu saat menyerahkan prasasti New7Wonder of Nature diperlihatkan oleh Pendiri dan Presiden Yayasan New7Wonders, Bernard Weber, kepada Jusuf Kalla selaku Duta Besar Luar Biasa Pendukung Pemenangan Komodo.

Tanam pohon di rangkaian inagurasi Pulau Komodo sebagai Keajaiban Dunia.

Tanam pohon di rangkaian inagurasi Pulau Komodo sebagai Keajaiban Dunia.

Saat menghadiri Sail Komodo14 September 2013, Presiden SBY, didampingi Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono, menerima prasasti tersebut.  Dalam sambutannya, Presiden SBY mengatakan, “Seperti diketahui, United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) telah mengakui Pulau Komodo sebagai warisan alam dunia, natural world heritage, pada 19 Desember 1991. Pulau Komodo juga menjadi the New 7 Wonders of Nature yang ditetapkan oleh New 7 Wonder Foundation pada  2012 lalu. Sebagai warisan alam dunia, kita wajib memelihara, melestarikan, dan mengembangkan Pulau Komodo ini.”

Saat menghadiri Sail Komodo14 September 2013, Presiden SBY, didampingi Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono, menerima prasasti tersebut. Membanggakan, karena TNK berhasil menyisihkan 433 peserta kompetisi dari 220 negara di belahan dunia. Di antara lain Lembah Amazon (Amerika Latin), Pulau Jeju (Korea Selatan), Teluk Ha Long (Vietnam), Jeram Iguazu (Argentina dan Brazil), Taman Nasional Puerto Princesa Subterranean River (Filipina), dan Table Mountain (Afrika Selatan). (Mailahana Zahra)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?58548

Untuk melihat artikel Special lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :