logo top 10

  1. Lagi, sengketa lahan masih menjadi alasan perusakan gereja. Perusakan gereja yang diduga dilakukan beberapa preman terjadi di gereja tua Advent di Jalan Sawo, Menteng, Jakarta Pusat. Diduga sejumlah preman bayaran membongkar paksa bangunan gereja seperti pagar, pintu dan jendela bangunan. Perusakan dipicu sengketa lahan antara pemilik tanah dengan pihak gereja yang belum menemui kata sepakat soal pembayaran lahan yang digunakan pihak gereja untuk membangun gereja. Beruntung pihak keamanan sigap mencegah aksi perusakan, dan belasan preman ditangkap dan diperiksa termasuk satu perempuan yang diduga pengacara pemilik lahan.
  2. 9 September merupakan hari bahagia Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pasalnya sang presiden genap berusia 64 tahun. Di peringatan hari ulang tahun sang presiden, banyak ucapan selamat dari berbagai kalangan, baik dari politisi, partai politik sampai rekan dan kerabatnya. Akun twiter milik Presiden SBY pun dibanjiri ucapan selamat ulang tahun dari para pengikut akunnya.
  3. Meski sebagian masyarakat Indonesia mengharapkan Joko Widodo maju pada pencapresan 2014 nanti, namun sinyal masih belum diberikan dari Partai PDIP. Hingga Rakernas III PDIP masih belum merekomendasi pencapresan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. PDIP menilai langkah yang diambil sudah tepat, pasalnya jika capres diumumkan saat ini maka tidak menutup kemungkinan akan banyak serangan dari pihak lain. Belajar dari Pemilu 2009, PDIP inginkan menggunakan strategi untuk memenangkan pemilu dengan mengusung calon yang tepat bagi rakyat Indonesia.
  4. Himpunan Perajin Tahu Tempe Indonesia (Hipertindo) sepakat mulai 9 hingga 11 September, ribuan perajin tahu dan tempe yang tergabung di dalamnya tetap melancarkan aksi mogok produksi. Tingginya harga bahan baku kacang kedelai dinilai merupakan satu bukti konkret kegagalan pemerintah melakukan pengendalian harga. Atas kegagalan tersebut, perajin ambil langkah mogok massal dengan tidak memproduksi serta tidak berjualan bahan makanan hasil olahan kedelai.
  5. Selain menggelar aksi mogok produksi, para pengerajin tempe tahu juga mengancam akan melakukan aksi di depan Istana Negara apabila tidak ada tanggapan dari pemerintah. Aksi mogok produksi akan berlangsung selama tiga hari. Aksi mogok ini merupakan ajang perlawanan terhadap melonjaknya harga kedelai impor.
  6. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan Indonesia terus berupaya memberikan sumbangsihnya agar Suriah tidak jadi diserang oleh militer Amerika. Indoneia akan terus menempuh upaya-upaya diplomasi untuk menyampaikan alternatif penyampaian masalah konflik di Suriah tanpa adanya penggunaan militer. Dalam sejumlah kesempatan, SBY mengatakan, Indonesia memandang penggunaan militer tidak tepat dalam menyelesaikan konflik Suriah, apalagi tanpa adanya mandat dari Dewan Kemanan PBB. SBY menegaskan, Indonesia tidak akan tinggal diam dan berpangku tangan dalam masalah konflik di Suriah, apalagi dalam beberapa pekan ini mendekati fase genting dan ancaman interversi militer.
  7. Pasca penggerebekan pabrik senjata di Cipancing, Bandung, Jawa Barat, pihak kepolisian terus melakukan razia senjata api. Razia dipusatkan dibeberapa titik perbatasan oleh anggota kepolisian Tasikmalaya, Jawa Barat. Dari razia, petugas menemukan sejata laras panjang dan laras pendek yang diduga senjata tersebut produksi Cipacing. Meski jenis senjata angin, pihak kepolisian menyatakan senjata tersebut berbahaya, bahan dari sebuah minibus juga ditemukan senjata jenis air softgun. Petugas memeriksa kelengkapan dan surat izin senjata, bagi yang tidak memiliki kelengkapan, petugas menyita senjata berikut pemiliknya digiring ke Mapolresta Tasikmalaya.
  8. Belum selesai polemik tes keperawanan bagi calon siswi SMU, kini muncul lagi kuesioner kesehatan reporduksi yang tak kalah heboh. Pada kuesioner yang ditujukan bagi siswa SMP di Kabupaten Sabang, Aceh, siswa diminta mengisi data-data tentang ukuran alat kelamin, bentuk payudara dan berbagai pernyataan sensitif lainnya. Penemuan kuesioner ini perbincangan hangat sampai mendapat banyak kecaman dari berbagai pihak. Alasan adanya kuesioner tersebut adalah untuk mengetahui kesehatan alat reproduksi siswa. Wamendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim mengatakan akan mengusut polemik dan berjanji akan segera melakukan pengecekan ke Dinas Kesehatan Aceh.
  9. Gunungapi Lokon yang terletak di Tomohon, Sulawesi Utara kembali meletus. Akibat letusan tersebut masyarakat sekitar gunung Lokon keluar rumah, namun uniknya masyarakat tidak panik dan mengungsi karena bagi mereka letusan dianggap hal yang biasa dan sering terjadi. Status gunung Lokon tetap siaga III, sejak ditetapkan siaga sejak 24 Juli 2011 lalu, hingga kini gunung Lokon sudah meletus puluhan kali. Letusan gunung melontarkan material vulkanik hingga ketinggian 1.500 meter dari kawah Tompaluan Lokon. Masyarakat dilarang beraktivitas mulai radius 2,5 kilometer dari sekitar kawah Tompaluan.
  10. Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat masih lemah. Posisi tukar rupiah pada 9.30 WIB berada di level 11.636 per dolar AS.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?58416

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :