hemat energi

Menghemat energi bisa dilakukan dari hal kecil dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Selain hemat pengeluaran, partisipasi kita juga berdampak pada pelestarian lingkungan dan energi. Seringkali kita mengabaikan hal-hal kecil, namun sebenarnya dari hal yang kecil, Anda dapat melakukan perubahan besar terutama untuk bumi.

Sudahkah Anda menghemat energi? Berikut upaya sederhana yang bisa dipraktekan dalam keluarga Anda :

  1. Jangan menyalakan lampu di siang hari. Ini berhubungan juga saat Anda membangun atau merenovasi rumah, sebaiknya buatlah rumah dengan jendela-jendela  yang memungkinkan cahaya matahari masuk
  2. Matikan lampu kamar saat tidur.
  3. Hanya nyalakan lampu saat Anda masuk ke suatu ruangan gelap, misal kamar mandi atau gudang.
  4. Jika Anda menggunakan pompa air listrik. Penuhilah  bak mandi dan seluruh kebutuhan kamar mandi dalam sekali waktu. Misal setiap pagi hari saja. Karena ‘tarikan’ listrik dari pompa air ketika pertama kali menyala, cukup memakan daya listrik.
  5. Mulai membuat jadwal mencuci dan menyeterika pakian secara teratur. Jangan mencuci atau menyeterika pakaian secara mencicil. Lebih baik dibuat jadwal, misal masing-masing dua kali seminggu untuk seluruh pakaian yang kotor.
  6. Jika Anda mengendarai mobil pribadi, berangkat kerja lebih pagi dan pulanglah lebih lambat agar terhindar jam macet. Kemacetan di jalan membuat bensin kendaraan Anda boros
  7. Usahakan menggunakan peralatan listrik rumah tangga yang hemat listrik.
  8. Tidur lebih awal. Selesaikan semua pekerjaan di kantor, jangan dibawa ke rumah. Selain Anda harus membayar energi dari desktop yang Anda nyalakan. Waktu bersama keluarga juga cukup penting. Ini memang tidak menghemat energi tetapi jika waktu anda bersama keluarga optimal, dapat memberi Anda energi lebih untuk memulai hari esok dengan lebih baik.
  9. Jangan buang begitu saja kertas-kertas bekas, tanamkan di benak anda bahwa setiap anda menggunakan sebuah kertas maka Anda telah menebang sebuah pohon.
  10. Jangan manjakan tubuh Anda dengan berkendara setiap keluar rumah. Jika tempatnya benar-benar jauh boleh saja Anda menggunakan kendaraan. Tetapi jika dekat misal, lima atau sepuluh menit perjalanan, lebih baik jalan kaki. Sekalian berolahraga bukan?

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?58329

Untuk melihat artikel Tips & Trik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Rosy Law