Robert Blake

Presiden Barack Obama mencalonkan Robert Blake sebagai Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia yang baru. Blake akan menggantikan Scot Marciel yang masa jabatannya sudah habis. Kedutaan AS di Indonesia sendiri, kini dipimpin Wakil Duta Besar Kirsten Bauer untuk sementara.

Obama mengumumkan pencalonan Blake pada Selasa 30 Juli waktu setempat. Pencalonan Blake diumumkan bersama dengan nominasi untuk enam posisi duta besar lainnya.

“Saya bangga bahwa pribadi-pribadi yang memiliki kinerja yang mengesankan ini telah memutuskan untuk mendedikasikan diri mereka untuk mengabdi pada rakyat Amerika di saat-saat yang penting bagi negara kita. seperti dikutip web resmi usembassy.gov (31/7).

“Saya senang sekali bisa bekerjasama dengan mereka di bulan dan tahun-tahun yang akan datang,” lanjutnya

Blake tercatat sebagai lulusan Universitas Harvard dan Universitas John hopkins. Sebelumnya, Blake pernah menjabat sebagai Duta Besar AS untuk Sri Lanka dan Maladewa serta Wakil Menteri Luar Negeri untuk kawasan Asia Selatan dan Asia Tengah.

Sepanjang karirnya di internal Departemen Luar Negeri AS, Blake pernah menjabat antara lain sebagai Asisten Eksekutif Menlu AS untuk bidang politik. Sedangkan di luar negeri, ia sempat menjabat sebagai Kepala Desk Politik pada Kedubes AS di Tunisia pada akhir 1990-an dan pernah pula ditempatkan sebagai staf bidang ekonomi pada Kedubes AS di Algeria.

Blake merupakan orang kepercayaan Obama di wilayah Asia. Meski begitu presiden Obama belum memberi alasan terkait penunjukan Blake untuk ditempatkan di Indonesia. Hanya saja para pengamat politik di Indonesia menilai Amerika Serikat akan cenderung memperkuat posisinya di Asia Tenggara untuk menahan laju dominasi China di kawasannya.

Posisi Indonesia bagi Amerika Serikat semakin penting, pasalnya kemitraan strategis kedua negara yang telah ditandatangani Presiden Barack Obama dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2010 silam.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?57774

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

dr.andriani