Keluarga

Keluarga adalah harta yang tidak ternilai. Memiliki pasangan yang ideal dengan anak-anak yang manis merupakan kebanggaan tersendiri, namun sayang kebersamaan terbatas oleh waktu karena kesibukan pekerjaan. Bahkan saat akhir pekan dimana hari libur bisa menjadi waktu yang sangat berharga untuk bercengkrama dengan keluarga, harus tersita karena pekerjaan.

Memanfaatkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga memiliki dampak yang baik untuk mempererat hubungan antar anggota keluarga, karena pada saat inilah orang tua bisa lebih dekat, lebih memahami dan bahkan jadi lebih tahu apa yang diharapkan anak.

Akhir pekan bisa dimanfaatkan untuk liburan atau melakukan kegiatan bersama-sama anggota keluarga, dengan begitu kedekatan akan terasa lebih hangat dan bahagia. Kedekatan, membuat anak memiliki rasa nyaman dan membutuhkan, ini adalah waktu yang tepat untuk Anda yang ingin menjadi sahabat dekat sang anak. Anda bisa bercengkrama, bercerita berbagai kisah, bahkan bisa jadi penasehat yang baik untuk anak.

Banyak orang bertanya apa sebenarnya manfaat dari waktu bersama keluarga? Mungkin kebersamaan tidak bisa dijawab dalam satu waktu, tapi kelak sebagai orang tua Anda akan mengetahui manfaatnya ketika anak sudah mulai tumbuh besar, dan bisa bersoal-jawab.

Berikut ada beberapa kedekatan yang bisa dirasakan pada waktu luang untuk keluarga dengan baik.

Keluarga-1

Selain lebih akrab satu sama lain, waktu kebersamaan keluarga bisa jadi sarana untuk sharing dimana situasi ini bisa membuat anak jadi lebih terbuka. Kebersamaan dapat membuat suasana lebih natural. Berbeda dengan orang tua yang terkesan tidak acuh dan mengabaikan waktu luang bersama keluarga, anak akan lebih tertutup bahkan takut untuk menceritakan apa saja yang dialaminya di sekolah atau di lingkungan mainnya. Anak bisa saja mencontoh kebiasaan orang tua yang ‘kurang sensitif’ terhadap sekitar.

Waktu luang juga bisa melepaskan stres. Kepenatan akan terurai setelah melihat tawa sang anak berikut kelucuannya. Adanya interaksi antara orang tua dan anak membuat beban keseharian karena pekerjaan teredam sementara. Rasakan kebersamaan ini, karena nantinya Anda akan kehilangan momen penting bersama, saat mereka sudah dewasa dan memiliki keluarga sendiri. Luangkan sedikit waktu disela kesibukan Anda jika ingin keluarga menciptakan yang berkualitas.

Keluarga-2

Saat bersama-sama juga dapat dimanfaatkan sebagai ajang untuk mengajarkan sesuatu yang baru kepada anak. Banyak hal positif yang bisa ditularkan ke anak, mulai dari kedisiplinan, berlajar memasak bersama, bahkan mungkin mengajarkan anak untuk membersihkan rumah. Mengerjakan tugas bersama secara tidak langsung membuat si anak lebih mengenal gotong-royong. Anda bisa juga mengajak anak untuk melakukan hobi.

Menyempatkan waktu bagi keluarga sangat baik untuk menunjukkan kepada anak-anak, bahwa Anda sebagai orang tua sangat menyayangi dan memperhatikan mereka. Selain punya banyak waktu di akhir pekan, Anda bisa membuat anak-anak semakin dekat dan menyayangi Anda sebagai orang tua.
Manfaat lainnya adalah, bisa memperhatikan perubahan yang terjadi pada anak dan jika perubahan itu ke arah yang tidak baik, maka sedini mungkin akan bisa dicegah. Ajarkan juga hal-hal yang positif agar anak bisa menjadi seperti yang Anda harapkan.

Kebersamaan keluarga dapat meningkatkan kebahagiaan pada anak-anak. Selain tercukupi dari segi materi, mereka juga mendapatkan kasih sayang yang utuh dari kedua orang tuanya. Hal ini sangat penting untuk menunjang pertumbuhan sang anak. (1001)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?57680

Untuk melihat artikel parenting lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :