logo top 10

  1. Empat kota di Indonesia, yaitu Yogyakarta, Bandung, Solo dan Pekalongan akan dikukuhkan sebagai kota kreatif ke lembaga PBB bidang pendidikan ilmu pengetahuan dan budaya atau Unesco. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu mengatakan saat ini berkas sudah diajukan di Unesco. Empat kota tersebut dirasa mampu karena telah berhasil mengembangkan dan memiliki satu produk yang dapat menjadi icon kreatif.  Upaya ini juga menjadi salah satu cara untuk mendorong kota-kota lain di Indonesia agar bekerja keras untuk mempersiapkan diri untuk menjadi kota kretif yang agar bisa dikenal masyarakat internasional.
  2. Ganda campuran Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir berhasil mempersembahkan mendali emas telah berhasil mengalahkan Xu Chen/Ma Jin pada laga final BWF World Champhionship di Guangzhou, China (11/8). Prestasi ini mengukir kejayaan Indonesia menjadi juara dunia bulutangkis.
  3. Pada akhir Ramadhan dan Lebaran, Jakarta diwarnai dengan sejumlah peristiwa kebakaran. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, selama sepekan telah terjadi 28 kebakaran di Jakarta. Dari total kebakaran yang terjadi, 26 diantaranya karena korsleting listrik, satu karena rokok dan satu akibat tabung gas yang meledak. Jumlah bangunan yang hangus terbakar mencapai 152 unit, sedangkan korban meninggal ada 4 orang dan luka-luka 4 orang.
  4. Warga muslim di kawasan Bay Area, California punya cara tersendiri untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Rencanaya pada Sabtu (17/8) akan digelar festival halal bihalal. Acara itu bertajuk Halal Food &Eid Festival yang akan diselenggarakan di NewPark Mall, Newark. Festival ini tidak hanya sebagai ajang wisata kuliner halal, tapi juga sebagai ajang bersilaturahmi pada muslim di Bay Area, diperkirakan sekitar 300.000 muslim Amerika akan hadir. Acara ini terselenggara atas ide dari para aktivis muslim Amerika.
  5. Serangan terhadap aparat dan fasilitas kepolisian diindikasi sebagai salah satu ancaman terorisme. Beberapa kejadian terjadi sepanjang bulan Ramadhan. Selain penembakan terhadap aparat kepolisian, peledakan di vihara, pencurian ratusan dinamit sampai pembobolan penjara Tanjung Gusta, Medan yang menyebabkan sejumlah narapidana teroris melarikan diri. Demi mengantisipasi keamanan, pihak kepolisian melakukan strategi dan pengamanan demi kenyamanan masyarakat.
  6. Penembakan halte Transjakarta oleh orang tidak dikenal sudah sangat meresahkan, dan untuk mengatisipasi teror susulan, sejumlah halte Busway yang pernah jadi sasaran tembak akan ditambahkan CCTV luar. Sebelumnya sudah ada kamera pengintai di halte busway, namun demi keamanan dan pemantauan pemerintah bidang layanan umum menambahkan jumlah kamera pengintai. Ini bisa menjadi upaya untuk mengtahui motif dan siapa dibalik penembakan fasilitas umum.
  7. Menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus, pedagang bendera dan tiang musiman mulai menjamur. Berbagai pernik bendera merah putih dan lambang negara sudah mulai banyak dijual. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 200.000 tergantung besar kecil perniknya.
  8. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganugerahkan Bintang Mahaputra Adipradana untuk para menterinya. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M.Nuh, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Menteri Agama Suryadhama Ali dan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mendapatkan pengharagaan dari pemerintah atas jasa-jasanya kepada negara.
  9. Jumlah kecelakaan arus mudik 2013 sampai H+3 menurun dibandingkan tahun lalu. Berdasarkan data analisis dan evaluasi (Aney) Korlantas Polri, jumlah kecelakaan pada mudik lebaran 2013 mencapai 2.095, jumlah tersebut menurun 29 persen dibandingkan tahun 2012 lalu yaitu sebanyak 2.957. korban meninggal pada tahun lalu mencapai 539 jiwa, sementara tahun 2013 ini korban jiwa mencapai 471 jiwa, jumlah tersebut menurun 13 persen.
  10. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Purba Hutapea mengatakan akan melibatkan RT dan RW untuk mendata warga pendatang yang tidak memiliki pekerjaan tetap dan keterampilan. Pendataan ini bertujuan untuk membatasi jumlah pendatang pasca Lebaran yang tidak memiliki keterampilan, dan bisa juga berdampak positif untuk mengendalikan angka penduduk di DKI.  Jumlah pendatang ke Jakarta sudah dipastikan setiap tahun terjadi pasca hari raya, dengan alasan ingin mengadu nasib di Ibukota, banyak pendatang yang merantau ke Jakarta demi mencari pekerjaan. Semakin banyaknya pendatang akan membuat Jakarta semakin penuh dan sumpek, untuk itu pemerintah berupaya agar masyarakat tanpa keterampilan tidak ikut serta ke Jakarta.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?57662

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :