logo top 10

  1. Pertandingan tinju Bupati Cup yang diselenggarakan di Gedung Olahraga Kota Lama, Nabire, Papua ( 14/7) berakhir bentrok. Akibat rusuh itu sebanyak 17 orang tewas dan 30 orang menderita luka-luka. Sebagian korban tewas karena terinjak-injak saat berusaha keluar dari arena pertandingan. Kericuhan bermula ketika pertandingan tinju amatir antar Yulianus dan Alfius. Wasit memutuskan pemenangnya adalah Alfius, seketika pendukung Yulianus tidak terima dengan keputusan wasit dan melemparkan kursi kea rah penonton serta wasit. Para pendukung saling pukul, sementara penonton berhamburan keluar, namun sayangnya akses keluar hanya melalui satu pintu sehingga penonton harus berebutan keluar gedung. Bupati Nabire juga turut menjadi korban.
  2. Jelang Idul Fitri jasa penukaran uang mulai bermunculan. Demi kenyamanan masyarakat dihimbau untuk menukar uang di outlet resmi yang sudah ditunjuk Bank Indonesia (BI), pasalnya penukaran uang di pinggir jalan menjadi sasaran pelaku kejahatan, yaitu peredaran uang palsu dan tindak kejahatan lainnya. BI telah menyiapkan outlet atau bank sebagai lokasi penukaran pecahan kecil atau recehaan. Jika menukar dalam jumlah banyak, masyarakat diimbau agar dikawal oleh aparat kepolisian.
  3. Harga kebutuhan pokok seperti cabai, bawang, daging, beras terus meroket setiap harinya dan membuat masyarakat mengeluh sementara pemerintah terus berupaya mencari solusi agar harga kebutuhan kembali stabil.  Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan berjanji akan mendatangkan beberapa komoditas pangan dari luar negeri pekan ini, hal tersebut dianggap dapat menekan harga-harga yang tengah naik. Impor komoditas pangan bertujuan untuk mengantisipasi cuaca yang tidak menentu. Adanya anomali cuaca sangat berpengaruh terhadap panen untuk beberapa komoditas pangan terutama cabai dan bawang merah.
  4. Kini Indonesia memiliki pabrik baterai lithium. Peresmian pabrik pertama baterai lithium dibuka oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan di PT Nipress Tbk di Cilengsi, Bogor. Nipress merupakan salah satu konsorsium penyokong industri mobil listrik nasional dalam penyediaan baterai lithium. Dimana baterai ini akan digunakan dalam pengoprasian mobil listrik yang tengah dikembangkan di Indonesia sebagai salah satu alat transportasi ramah lingkungan.
  5. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono marah besar saat mengetahui ada kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan, Sumatera utara melalui media massa asing. Usai melakukan kunjungan kerja di Mataram, NTB, presiden langsung menggelar rapat terbatas bersama sejumlah menteri. SBY menyampaikan kekecewaannya karena lambannya informasi yang dia dapatkan saat kerusuhan di Lapas Tanjung Gusta. Selain terlambat mendapat informasi, SBY kesal karena ia harus mendapatkan informasi saat melihat tayangan televisi internasional yang tengah menyiarkan berita terlebih dahulu.
  6. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nur, meluncurkan penerapan Kurikulum 2013 di Yogyakarta bertepatan dengan hari pertama masuk sekolah (15/7) tahun ajaran baru 2013-2014. Sebanyak 6.500 sekolah jenjang SD, SMP, SMK di 295 kabupaten/kota di 33 propinsi secara serentak mulai mengimplementasikan Kurikulum 2013.
  7. Markas Besar Polri membentuk satuan tugas (satgas) khusus untuk meringkus empat narapidana terorisme dan para tahanan lain yang kabur dari Lapas Tanjung Gusta, Sumut akibat akibat kebakaran di lapas. Empat napi terorisme yang belum diketahui keberadaannya adalah Agus Suyoto alias Sayafudin alis Gaplek, Nibras alias Arab alias Wawan, Abdul Gani Siregar alias Gani, dan Fadli Sadama. Satgas sengaja dibentuk untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat. Mabes Polri mengintruksikan, khususnya di daerah Polda Sumur, sampai saat ini status tetap siaga 1.
  8. Kementerian Pehubungan (Kemenhub) menyediakan 260 bus gratis untuk mengangkut pemudik. Pendaftaran untuk program tersebut dimulai sejak Senin (15/7) dan diharapkan masyarakat dapat mudik tanpa sepeda motor. Selain bus, Kemenhub juga menyediakan program pengangkutan gratis untuk 29 ribu sepeda motor dengan komposisi 12 ribu sepeda motor diangkat menggunakan kapal laut dengan tujuan Tanjung Priok-Kendal, 6.000 sepeda motor menggunakan kapal penyeberangan dengan tujuan Merak-Bakauheni dan 11 ribu motor dengan kereta api.
  9. Monorel Jakarta punya nama baru yaitu Jakarta Eco Tranport (JET). Nama ini dipilih dari ribuan nama yang masuk seleksi. Dari 13 ribu nama yang masuk dalam kompetisi pemilihan nama Jakarta Monorail, nama JET terpilih dari Fahrur Roxy meraup pemilih dari 150 ribu suara pemilih. Pemenang alam mendapatkan tiket emas berupa bebas menggunakan monorail seumur hidup. Nama JET akan menjadi simbol baru moda transportasi di Jakarta.
  10. Tarif angkutan umum DKI Jakarta resmi naik. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Triwisaksana menyebutkan bahwa dewan sudah menyetujui kenaikan tarif angkutan umum di DKI Jakarta. Besaran Angkutan kecil yang semula bertarif Rp2500 naik menjadi Rp3000. Sedangkan bus sedang dan besar reguler naik dari Rp2000 menjadi Rp3000.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?57117

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :