logo top 10

  1. Puncak perayaan HUT Jakarta ke 486 dirayakan secara meriah. Ribuan warga Jakarta dan sekitarnya antusias menyaksikan Jakarnaval 2013 yang berlangsung di Jalan Medan Merdeka Selatan. Sekitar pukul 15.00, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meresmikan Jakarnaval di depan Balaikota Jakarta, Minggu (30/6). Perayaan Jakarnaval berlangsung, iring-iringan tarian kesenian, ondel-ondel, dan juga berbagai karnaval berjalan melintas depan Balaikota DKI Jakarta menuju Bundaran HI. Perayaan Jakarnaval berlangsung meriah dengan iringan musik dan disambut antusias oleh seluruh masyarakat yang menyaksikan. Inilah pesta rakyat ala Jokowi.
  2. Satu buah truk yang mengangkut 250 dinamit yang dibawa dari Kabupaten Subang menuju Bogor hilang. Kepala Polri Jenderal Timur Pradopo mengatakan, pihaknya serius menyelidiki hilangnya truk pengangkut bahan peledak. Dikhawatirkan, bahan peledak itu jatuh ke tangan pihak tidak bertanggung jawab. Seluruh jajaran kepolisian diperketat keamanan di lapangan, tim penyidik pun terus mengusut mulai dari saksi-saksi yang mengetahui mulai dari keberangkatan. Bahan peledak itu bisa digunakan untuk melakukan kegiatan bom ikan. Polda Jawa Barat telah memerintahkan kepada seluruh jajaran kepolisian di Jabar untuk melakukan razia keamanan.
  3. Kepolisian Polres Bogor Kota memperketat penjagaan sejumlah obyek vital dan Istana Bogor. Penjagaan ketat juga berlaku di Istana Batutulis, tempat dimana biasa dikunjungi mantan Presiden Megawati Soekarno Putri berlibur. Sejumlah polisi di lapangan mengaku penjagaan esktra berlangsung terkait hilangnya 250 batang dinamit yang dikirim dari Subang ke Bogor. Istana dijaga ketat petugas untuk mengantisipasi pengamanan terhadap simbol negara.
  4. Pemerintah kembali menaikan tarif tenaga listrik mulai Senin (1/7). Kenaikan ini merupakan penyesuaian ketiga di tahun ini. Tarif listrik baru tersebut diatur Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 30 Tahun 2012 Tentang Tarif Tenaga Listrik yang disediakan PT PLN. Rencananya kenaikan akan melakukan penyesuaian hingga tahap ke empat yang akan dilakukan pada Oktober mendatang.
  5. Seorang dilaporkan meninggal di rumah sakit akibat gelombang panas yang melanda Las Vegas, Amerika Serikat. Perkiraan cuaca di Las Vegas suhu mencapai 46 derajat celcius. Akibat panas itu sekitar 40 orang telah dilarikan ke rumah sakit sejak Jumat, namun setelah ditangani tidak ada luka dan yang mengancam jiwa. Di California cuaca panas ekstrim menjadi perhatian, pasalnya cuaca panas akan berlangsung lebih lama, sehingga di California pun diberi peringatan adanya cuaca panas, dan masyarakat diminta berhati-hati
  6. Usaha pemerintah melalui satuan tugas penanggulangan bencana kabut asap akhirnya berhasil memadamkan titik api akibat kebakaran hutan di Riau. Beberapa titik api yang menyebabkan kabut asap di Malaysia dan Singapura kini hanya tinggal 1 titik yaitu terletak di Rokan Hilir. Padamnya api membuat jarak pandang di beberapa wilayah Propinsi Riau membaik dan tidak mengganggu pernapasan. Petugas melakukan serangkaian cara untuk memadamkan titik api, diantaranya membuat hujan buatan dan pengeboman air.
  7. Bandar narkoba jaringan internasional berhasil dibekuk Polretabes Makassar. Dari tangan tersangka, polisi menyita sabu seberat 500 gram, alat hisap, dan uang puluhan juta rupiah yang diduga hasil penjualan narkoba jenis sabu-sabu. Tiga tersangka kini mendekam di penjara dan dari keterangannya ternyata tersangka adalah bandar narkoba di sejumlah wilayah seperti di Sulawesi Selatan, Makassar, Pare-pare, Sidrap, Pinrang, Sengkang, dan Barru. Bandar jaringan internasional ini dikendalikan dari Malaysia.
  8. Jelang bulan puasa Jakarta mulai didatangi sejumlah pengemis musiman dari daerah. Mereka bukan hanya orangtua, terkadang juga ada yang masih anak-anak. Agar tidak menjadi kebiasaan buruk, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama, meminta masyarakat untuk tidak memberikan sedekah kepada pengemis terutama anak-anak. Hal tersebut dinilainya bukan membantu, tetapi malah akan membelenggu anak-anak tersebut sehingga memiliki ketergantungan dengan uang yang bukan dari hasil kerja keras mereka. Menurut Basuki, dengan memberikan uang kepada anak yang mengemis berarti mengajarkan kemalasan kepada mereka. Dengan mudah mendapatkan uang, nantinya para anak jalanan tidak mau untuk bersekolah. Untuk itu Basuki menghimbau warga agar tidak memberikan sedekah langsung ke anak jalanan.
  9. Pemerintah memprioritaskan kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi bagi program bantuan siswa miskin (BSM) dan pembangunan infrastruktur pedesaan. Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa. Setiap siswa SD atau sederajat berhak mendapatkan Rp 450.000 per tahun, siswa SMP atau sederajat mendapatkan Rp 750.000, sedangkan siswa SMA atau sederajat mendapatkan Rp 1 juta per tahun. Bantuan tersebut belum termasuk buku, seragam dan alat tulis.  BSM tersebut akan disalurkan kepada 13,5 juta siswa miskin, yang terdiri dari siswa SD,SMP,SMA/SMK.
  10. Dalam upacara HUT Bayangkara ke-67, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan penghargaan kepada ribuan anggota Polri, mulai perwira tinggi sampai brigadir polisi. Sekitar 4.635 anggota Polri mendapatkan penghargaan tanda kehormatan dan tanda jasa dari Presiden SBY. Tema Hut Bhayangkara yang diangkat tahun ini adalah ‘Sinergitas Kemitraan dan Anti KKN, Wujudkan Pelayanan Prima, Penegakan Hukum, dan Keamanan Dalam Negeri, Mantap Sukseskan Pemilu 2014’.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?56922

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :