Ikan Hias

Ikan hias Indonesia makin diminati pembeli-pembeli dari luar negeri. Walaupun belum menjadi eksportir terbesar di dunia, Indonesia memiliki prospek besar di masa mendatang. Sekarang Indonesia menduduki peringkat ke lima eksportir ikan hias di dunia setelah Ceko, Thailand, Jepang dan Singapura.

Potensi ikan hias Indonesia sangat besar. Sebagai negara dengan kepulauan terbesar dengan rentang perairan yang begitu luas, keanekaragaman ikan hias Indonesia begitu beragam. Mulai dari jenis ikan hias baik air tawar yang berjumlah lebih dari 450 spesies dan lebih dari 700 jenis spesies ikan hias air laut. Indonesia menjadi negara yang memiliki keanekaragaman ikan hias tertinggi kedua di dunia setelah Brasil.

Permintaan Internasional Meningkat

Permintaan dari pasar Internasional pun terus meningkat. Nilai ekspor Indonesia pada tahun 2012 saja menembus angkar 600 milyar rupiah. Ke depan, pemerintah Indonesia sendiri bertekad menjadikan Indonesia sebagai produsen ikan hias yang terbesar di dunia tahun 2015. Bukan tidak mungkin pula, Indonesia menjadi eksportir terbesar di dunia. Indonesia kini telah mengekspor ikan hias ke berbagai negara seperti Selandia Baru, Denmark, Portugal, Jerman, Belanda dan Spanyol.

Didukung Pemerintah

Tahun lalu, pemerintah telah mengupayakan percepatan pembudidayaan ikan hias dengan memberikan bantuan pengembangan usaha mina pedesaan (PUMP). Dengan alokasi sebesar 604 milyar, bantuan diberikan kepada kelompok-kelompok di pedesaan.

Ikan hias air laut masih sedikit yang dibudidayakan. Hanya sekitar 5 persen saja dari seluruh spesies ikan hias air laut. Sisanya ditangkap dari laut lepas. Begitu juga dengan ikan hias air tawar, masih sedikit yang dibudidayakan hanya sekitar 90 jenis saja.

Peran Internet

Dengan bantuan Internet, penjualan ikan hias pun kian tak terbatas. Banyak individu-individu yeang mengandalkan penjualan ikan hias ke luar negeri secara online. Tak sedikit yang meraup keuntungan yang besar dari penjualan ikan hias secara online. Seorang pemuda yang memulai bisnis penjualan ikan hias sejak SMA, kini telah merasakan manisnya berjualan ikan hias. Ia telah mampu mengumpulkan uang ratusan juga rupiah dengan berjualan ikan hias melalui internet. Minat untuk mencoba?

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?56825

Untuk melihat artikel Hobi lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :

Tip Top