Namanya Turanor Planetsolar, kapal ini merupakan kapal pesiar bertenaga surya yang diklaim terbesar di dunia. Membawa misi kampanye penggunaan energi terbarukan, kapal pesiar canggih ini juga ingin memecahkan rekor dengan berkeliling dunia. Saat ini kapal bertenaga surya tengah berlabuh di North Cove marina, New York, AS, Selasa (18/6)

Kapal bertenaga surya ini dibangun oleh Knierim Yacht Clum, di Kiel, Jerman, selama 14 bulan. Selain terbesar di dunia, kapal ini didesain berdimensi ramah lingkungan.

Turanor PlanetSolar diambil dari novel JRR Tolkien Lord of the Rings, ‘Turanor’ yang berarti ‘tenaga matahari’. Seperti dilansir DailyMail, kapal ini sudah memulai misinya sejak September 2010 dengan mengandalkan tenaga surya. Kapal yang memiliki panjang 31 meter ini mengawali misi kampanye dari Monaco, dan bisa menampung hingga 40 penumpang. Dilengkapi dengan panel surya sepanjang 500 m persegi, panel tersebut berfungsi untuk menggerakkan dua motor listrik. Energi yang diambil dari matahari disimpan di baterai Lithium Ion terbesar di dunia. akan memberikan energi listrik yang bebas suara dan polusi. Kekuatan baterai mencapai 160 hari.

Desainnya unik, yaitu memiliki dua kaki, yang fungsinya untuk memenuhi aspek aerodinamika dan hidrodinamika, sehingga kapal tersebut bisa berlayar dengan kecepatan hingga 14 knot atau sekitar 26 km per jam. Menakjubkan, pembuatan kapal ini menghabiskan biaya US$12,5 juta atau sekitar 107 miliar. Jika berhasil dalam misinya mengelilingi bumi, kapal Turanor PlanetSolar akan menjadi kapal pesiar pertama dan terbesar di dunia yang berhasil menaklukkan bumi dengan energi tenaga surya.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?56531

Untuk melihat artikel Unik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :