Meski tidak suka mengunjungi dapur, Anda pasti tahu dengan istilah melamin. Bahan melamin tengah ramai diperbincangkan karena dapat merugikan kesehatan. Hal terpenting yang perlu diketahui dan sedang hangat diperbincangkan adalah bahan kandungan melamin yang mengkontaminasi produk susu, terutama susu bayi sangat memprihatinkan. Tak hanya itu saja, alat makan yang terbuat dari bahan melamin pun banyak disinggung karena dianggap kurang aman digunakan.

Mungkin, hampir semua orang punya produk melamin di rumahnya, karena alat makan yang terbuat dari melamin termasuk banyak digunakan, biasanya sejenis piring, gelas, mangkuk, sendok sayur, wadah atau baskom. Melamin sangat erat hubungannya dalam kehidupan sehari-hari, namun Anda perlu berhati-hati pasalnya melamin dapat berbahaya jika terkontaminasi dengan makanan dan masuk dalam tubuh manusia.

Melamin adalah bahan kimia yang merupakan timer sinida. Melamin banyak digunakan untuk bahan pembuat pupuk dan juga plastik.  Banyak produsen nakal dengan mencampurkan melamin ke dalam produk susu, karena bahan kimia melamin mengandung nitrogen tinggi, yaitu lebih dari 50 persen. Hal itulah yang menyebabkan para produsen nakal mencampurkan melamin ke dalam susu, seolah-olah protein dalam susu sangat tinggi.

Melamin tidak bermanfaat untuk tubuh, bahkan tidak ada kandungan nutrisi baik yang bisa diserap tubuh. Justru sebaliknya, jika termakan melamin dapat membahayakan, bahkan dapat menyebabkan kanker. Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan akibat terkontaminasi melamin, gagal ginjal, rusaknya alat reproduksi, dan terjadi iritasi pada kulit akibat paparan sinar matahari.

Untuk itu Anda sebaiknya lebih berhati-hati memilih peralatan makan dan masak Anda, pasalnya melamin pada alat makan juga berisiko. Peralatan makan berbahaya melamin dapat mengkontaminasi makanan yang disajikan diatasnya, terlebih untuk makanan yang bersifat asam dan mengandung air. Sayangi keluarga Anda dan beralihlah ke peralatan makan dan masak yang lebih sehat.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?56267

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :