Agar terlihat lebih berbeda dan mudah dikenali, Komisi Pemberantasan Korupsi merilis empat baju baru untuk para tersangka korupsi. Penggunaan baju baru tahanan KPK ini akan digunakan mulai Senin (27/5).

Ada empat setel jenis baju baru untuk para koruptor yang fungsinya pun digunakan untuk aktivitas yang berbeda. Baju pertama yaitu rompi berwarna oranye, dimana baju tanpa lengan ini akan digunakan kepada target yang tertangkap tangan petugas KPK. Rompi tersebut dihiasi dengan tiga garis hitam yang tertulis ‘Tangkap KPK’.

Baju kedua digunakan untuk pakaian sehari-hari tersangka. Baju berlengan pendek ini juga terdapat tiga strip hitam dan tulisan di belakang baju ‘Tananan KPK’, yang dilengkapi celana hitam polos. Baju ketiga juga berwarna oranye bertuliskan ‘Tahanan KPK’, dimana baju ini nantinya akan digunakan tersangka untuk menghadiri persidangan di Tipikor.

Baju keempat agak berbeda yaitu kaos berwarna biru dongker. Baju ini akan digunakan para tahanan untuk berolahraga. Kaos olahraga ini dipadu dengan garis dan tulisan berwarna kuning ‘Tahanan KPK’ dibelakang kaos.

Bukan tanpa alasan para petinggi KPK memilih warna oranye untuk baju tahanan. Pemilihan warna yang terang diharapkan agar lebih menyolok, sehingga bila ada tahanan yang berniat melarikan diri bisa dikenali, terlebih warna terang juga dapat menjadi simbol yang memberi efek jera.

Sebelumnya KPK telah membuat baju khusus ( baju berwarna putih dengan tulisan KPK) untuk para tahanan agar mereka malu saat muncul di depan publik, namun hal itu tidak menyadarkan mereka, bahkan diantaranya malah memodifikasi baju tahanan KPK sehingga terlihat lebih gaya.

Contohnya Mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Miranda S Goeltom, yang ‘menyulap’ baju tahanan KPK sebelumnya agar terlihat lebih modis dengan menambahkan ikat pinggang, sehingga saat tampil di depan media, ia terlihat percaya diri. Tahanan lainnya adalah Angelina Sondakh mantan Puteri Indonesia dan Anggota DPR yang nampak cantik meski menggunakan baju tahanan KPK. Wajahnya pun tak lepas dari kosmetik. Tentu saja kalau begini, tidak ada rasa malu dan jera karena mereka masih bisa tampil dengan cantik dan modis.

Pakaian baru khusus tahanan KPK ini  wajib dikenakan seluruh tahanan KPK, baik pria maupun wanita.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?56052

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :